Akibat Kompor Tradisional, Rumah di Madura Ludes Dilalap Si Jago Merah

Kebakaran
Petugas Damkar Satpol PP saat melakukan proses pemadaman api

Sampang - Akibat kompor tradisonal atau tomang, rumah di Desa Baruh Ruwek Kecamatan Sampang Kabupaten ludes dilalap si jago merah.

Sabtu, (25/1/2020) sekitar pukul 16.00. Rumah milik H Harfan ludes terbakar. Tak hanya rumahnya, api juga melalap dapur dan surau milik H Harfan.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Satpol PP Kabupaten Sampang Achmad Huzaini mengatakan, menurut keterangan pemilik rumah, kepulan asap dan api pertama kali terlihat dari dapur.

"Pertama kali melihat kepulan Asap dan Api yang muncul dari Dapur," katanya.

Karena Bahan Bangunan yang sebagian Besar Terbuat dari kayu, maka api dengan cepat membesar dan melalap seluruh bangunan dapur yang memiliki luas 20 meter kali 15 meter.

"Selanjutnya Api Meluas ke Langgar Kayu dan sebagian Rumah Pemilik yang berada di Sampingnya," lanjut Huzaini.

Huzaini menuturkan, warga berusaha memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.

"Selanjutnya warga berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya,"

Namun karena besarnya kobaran api dan luasnya bangunan dan di khawatirkan meluas ke emukiman di sekitarnya. Maka warga Menghubungi Damkar Satpol PP Sampang.

Huzaini menambahkan, pihaknya mengerahkan 1 unit Damkar dan 2 tangki suplai air. Setibanya di tempat kejadian kebakaran langsung dilakukan langkah-langkah pemadaman.

"Pukul 16.45 Petugas Damkar tiba di tempat kejadian kebakaran, kemudian dilakukan langkah-langkah yaitu merelokasi tempat kejadian kebakaran untuk mempermudah proses pemadaman," imbuhnya.

Setelah Melalui Proses Pemadaman sekitar pukul 17.50, api berhasil dipadamkan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir puluhan juta rupiah. (usa)

Posting Komentar

0 Komentar