7 Hari Kedepan Akan Terjadi Angin Kencang, BPBD Himbau Masyarakat Waspada

Pohon tumbang di Sampang
Petugas bersama masyarakat saat mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Raya Torjun (ist)

Sampang - Hujan disertai angin kencang terjadi di Kabupaten Sampang, Minggu (5/1/2020) siang. Akibatnya banyak pohon tumbang yang menimpa rumah hingga ke jalan raya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, 2 rumah yang tertimpa pohon terletak di Jalan Pahlawan dan Jalan Kenari Kecamatan Sampang.

Sedangkan untuk pohon tumbang yang menutupi jalan raya terjadi di Jalan Raya Torjun Kecamatan Torjun, Jalan Raya Panggung, Jalan Raya Baruh dan Jalan Raya Imam Bonjol Kecamatan Sampang. Kemudian di Taman Wijaya Kusuma.

Kepala BPBD Kabupaten Sampang Anang Djonaedi mengatakan, pihaknya telah mengevakuasi 5 titik pohon tumbang yang melintang ke jalan raya dengan jumlah personil 25 orang dibantu oleh Polres Sampang, Kodim 0828/Sampang, Satpol PP Sampang, DLH Sampang dan Linmas.

"Jam 14.00 sampai jam 17.00 kami mengevakuasi 5 titik pohon tumbang yang melintang ke jalan raya, itu yang kita prioritaskan biar arus lalu lintas bisa menjadi lancar," ucap Anang.

Anang menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja kerusakan rumah. Untuk kerugian materil pihaknya belum mengetahui kerugian materil atas perisitiwa tersebut.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya kerusakan rumah, untuk kerugian materil belum dihitung," tuturnya.

Saat ditanya mengenai hujan disertai angin kencang yang terjadi di Sampang, Ia menjelaskan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yaitu ada arus angin dari lautan Cina yang bergeser ke Indonesia dan diprediksi selama 7 hari kedepan.

"Kalau informasi dari BMKG memang ada arus angin dari lautan Cina yang bergeser ke Indonesia dan prediksi BMKG hujan disertai angin kencang ini akan terjadi selama 7 hari kedepan. Mudah-mudahan Sampang tidak terjadi lagi," harapnya.

Kemudian, Anang menghimbau kepada masyarakat agar waspada apabila terjadi angin kencang. Jauhi dan jangan berteduh di pohon saat terjadi angin kencang.

"Kita meminta masyarakat untuk mewaspadai pada saat hujan dan angin kencang jangan berteduh dibawah pohon, mencari aja di daerah dekat rumah yang penting jangan dibawah pohon," himbaunya. (usa)

Post a Comment

0 Comments