Sepi Penumpang, ASDP Kamal Ngaku Rugi Rp 4,5 Juta Tiap Hari

Jelang Idul Adha,  Pelabuhan Kamal Sepi

KAMAL – Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah tinggal beberapa hari lagi. Namun, tidak ada tanda-tanda lonjakan penumpang di Pelabuhan Kamal, Bangkalan. Hingga kemarin  (4/9), pengguna jasa kapal motor  penumpang (KMP) relatif sepi.

Bahkan, pihak angkutan sungai danau dan penyebaran (ASDP) mengaku rugi. Hal itu dikemukakan Kepala Supervisor ASDP Kamal, Agusman.  Menurut dia, akibat sepinya  penumpang , kerugian yang dialami sangat besar. Yakni, mencapai sekitar Rp 4,5 juta setiap harinya.

”Meskipun ada perayaan Lebaran, tidak ada lonjakan penumpang,”  terangnya kemarin.  Menurut Agus, warga yang menggunakan jasa kapal hanya berasal dari Kecamatan Socah dan Kamal. Sementara warga dari daerah lain  di Madura, termasuk di sejumlah kecamatan di Bangkalan lewat  Jembatan Suramadu.

”Penumpang kapal mayoritas orang yang hanya dekat dengan Pelabuhan Kamal dan Ujung,” ucapnya. Dijelaskan, dalam satu hari, yang  menyeberang sekitar 1.500 orang.  Sementara untuk roda dua sekitar  1.200 unit. Sementara penumpang  roda empat sekitar 85 unit.

”Mau hari raya atau tidak, jumlah penumpang kapal cenderung tetap,” katanya saat diwawancarai. Dia mengungkapkan, saat ini  jumlah armada kapal yang  beroperasi hanya tiga unit. Tiga  kapal itu beroperasi dari pukul 05.20  hingga 21.00.

Selama 15 jam itu terdapat 30 trip penyeberangan dari Pelabuhan Ujung-Kamal. Sebelum  ada lonjakan penumpang, pihaknya  tidak berencana untuk menambah armada. ”Lihat saja nanti,” pungkasnya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • idul adha pelabuhan kamal