Satpol PP Tertibkan 30 Lapak PKL

BANGKALAN – Penertiban pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Stadion Gelora Bangkalan (SGB) dilakukan kemarin (14/9). Sedikitnya terdapat 30 lapak PKL yang diangkut Satuan Polisi Pomong Praja (Satpol PP) Bangkalan. Kepala Satpol PP Bangkalan Ram Halili mengatakan, operasi tersebut merupakan program kerja penegak peraturan daerah (perda).

”Ini bukan program musiman. Sebab jika PKL dibiarkan, akan membuat SGB kumuh,” tuturnya. Lapak PKL yang ditertibkan itu merupakan PKL ilegal yang  sebelumnya memang tida mengantongi izin. Pihak satpol  PP khawatir, jika dibiarkan, PKL ilegal di kawasan tersebut  akan terus menjamur.

PKL yang ditertibkan akan  dibina agar tidak mengulangi perbuatan yang sama. ”Kami akan memberikan surat pernyataan, kami tidak  akan mematikan usaha mereka,” ujarya Ram Halili.  Menurutnya, kebersihan kota dari PKL liar juga akan mendukung pada penilaian  Adipura.

Satpol PP berjanji akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menertibkan PKL di kawasan  terlarang. ”Tidak ada kata toleran bagi mereka yang tidak patuh aturan,” tegasnya. Terpisah, Ketua Komisi A DPRD  Bangkalan Kasmu mengatakan, pihaknya sebagai wakil rakyat  sangat mengapresiasi tindakan satpol PP.

Pihaknya meminta penegak perda menggalakkan razia. Khususnya untuk penertiban parkir liar yang ada di Kota Bangkalan. Kasmu juga meminta satpol PP berpikir ulang untuk penertiban PKL. Jangan  sampai mengganggu rakyat   kecil dalam mencari nafkah.

”Penertiban itu harus tidak tebang pilih,” katanya.  Secara terpisah, Sarimah,50, PKL yang mangkal di area SGB, mengaku sangat kecewa dengan tindakan satpol PP terebut. Razia kemarin dinilai semena-mena dan tidak manusiawi.

”Harusnya memberikan solusi kepada pengusaha seperti saya,” tukasnya. Dia menjelaskan, tempat yang diberikan Pemkab Bangkalan sangat tidak representatif. Sebab, tempat yang boleh ditempati hanya di samping SGB. Sementara yang berpotensi di  depan SGB. ”Kalau begini kan  mematikan penghasilan kami,”  keluhnya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • pkl stadion bangkalan