Pipa Bocor, Pelanggan PDAM Jadi Korban

PAMEKASAN – Layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pamekasan tidak berjalan maksimal. Penyebabnya, delapan titik di dua lokasi saluran pipa PDAM bocor. Itu karena terkena alat berat proyek galian tanah untuk pelebaran jalan dan pembuangan saluran.

Tujuh titik saluran pipa bocor terjadi di sepanjang Jalan Wahid Hasyim. Di jalan itu terdapat proyek pelebaran jalan. Sementara satu titik lainnya terjadi  di Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, akibat pembangunan saluran samping jalan raya.

”Kedua proyek tersebut bukan milik kami, melainkan milik PU bina marga,” ujar Direktur Utama (Dirut)  PDAM Pamekasan Agoes Bachtiar kemarin (31/8). Di Jalan Wahid Hasyim, ada tiga jenis pipa yang bocor. Untuk pipa ukuran 6 dim terjadi di tujuh titik. Sementara  pipa ukuran 2 dim dan 1,5 dim sepenuhnya rusak total.  Panjang pipa yang rusak mencapai 450 meter.

”Akibat kerusakan pipa tersebut, PDAM mengalami kerugian sekitar Rp 100 juta. Sebab pipa-pipa tersebut  harus kami ganti dengan yang baru,” tambahnya. Sementara untuk kerusakan pipa di Desa Murtajih, belum bisa diidentifikasi. Itu karena kebocoran pipa baru terjadi kemarin.

Pihak PDAM pun harus melakukan pemadaman saluran air. Akibatnya, sekitar dua ribu pelanggan tidak bisa mendapat aliran air bersih. Perinciannya, sekitar 545 pelanggan menggunakan saluran PDAM di Jalan Wahid Hasyim dan 1.500 pelanggan di wilayah Pademawu.

”Hari ini (kemarin, Red), layanan PDAM di beberapa desa di  Pademawu lumpuh total. Sebab pipa yang bocor itu untuk jaringan menuju Desa Murtajih,  Pademawu Timur, Buddagan, dan Bunder,” urainya. Agoes berharap, proyek PU bina marga itu segera dituntaskan. Sebab para pelanggan PDAM sudah banyak yang mengeluh.

Menurutnya, semakin cepat proyek itu selesai, pelayanan PDAM kepada pelanggan juga akan segera normal. ”Sebagai langkah antisipasi,  kami menyediakan empat armada mobil tangki berkapasitas 4 ribu liter. Hari ini kami salurkan ke daerah terdampak di sekitar Jalan Wahid Hasyim,” tandasnya.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, Kepala Dinas PU Bina Marga Pamekasan Totok Hartono belum bisa dimintai keterangan. Ditemui di kantornya, yang bersangkutan tidak ada. Dihubungi melalu telepon dan pesan singkat juga tidak ada jawaban. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • profil totok hartono pu binamarga
  • dinas pu bina marga pamekasan
  • kepala pu bina marga pamekasan
  • petugas polwan yg bertugas di polsek galis larangan pamekasan