Perangkat Desa Banyak Tak Lulus SMA

BANGKALAN – Warga yang tidak memiliki ijazah SMA dan sederajat dipastikan tidak bisa menjadi perangkat desa. Dalam Pasal 50 ayat 1, UU Desa Nomor 6/2014 menyebutkan, syarat utama jadi perangkat desa minimal harus lulusan SMA.

Kepala-Bapemas-Pemdes-Bangkalan--Ismet-Effendi

Namun, UU tersebut belum diterapkan di sejumlah desa di Bangkalan. Terbukti, perangkat desa rata-rata tamatan SMP sederajat.  Kepala Bapemas Pemdes Bangkalan  Ismet Effendi tidak membantah,  perangkat desa di Bangkalan  belum sesuai UU Desa. Sebab,  perda tersebut belum ada.

”Perangkat desa kami kebanyakan tidak lulus SMA,” katanya. Agar bisa menerapkan aturan  itu, kata Ismet, pihaknya bakal mengusulkan peraturan daerah  (perda) masalah tersebut. Dia  berjanji, tahun ini, perda untuk melaksanakan amaah UU Desa tersebut akan diajukan.

Menurut dia, hal itu perlu  dilakukan karena pemerintah tingkat desa akan mengelola keuangan desa yang jumlahnya  miliaran. ”Jangan sampai ada perangkat desa yang tak bisa baca tulis,” paparnya. Lebih jauh dijelaskan, pelaksanaan amanah UU yang mewajibkan  perangkat desa paling  rendah lulusan SMA akan direalisasikan  ada 2017. Sebab, tahun ini pihaknya akan menggodok  peraturan daerah sebagai  acuan pelaksanaannya. 

”Tahun ini sudah mulai kami  sosialisasikan sebagai pengetahuan awal,” ungkapnya. Ismet menjelaskan, Bangkalan  memiliki 18 kecamatan, 273 desa, dan 8 kelurahan. Karena  itu, sudah saatnya meningkatkan  sumber daya manusia (SDM) pemerintahan desa.

”Anggaran miliaran untuk desa ke depan harus dikelola oleh perangkat yang kompeten,” pungkasnya. Wakil Ketua Komisi A DPRD  Bangkalan Mujiburrahman mengatakan, pihaknya sangat  mendukung atas amanah Undang-Undang Nomor 6/2014  Pasal 50 tentang Desa.

”Perbaikan kualitas pendidikan sangat  penting,” katanya.  Dengan begitu, dia berharap  bapemas pemdes ke depan semakin tegas memberikan kebijakan dan melaksanakan UU Desa di Bangkalan. ”Segera laksanakan untuk kebaikan  desa,” tandasnya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • berita perangkat desa babgkalan
  • berita perangkat desa terbaru bangkalan