Oknum Kiai Ditengarai Rusak Masjid

SAMPANG – Sekelompok orang di Dusun Sumber Telor, Desa Pandiyangan, Kecamatan Robatal, dicurigai melakukan tindakan tak terpuji. Kelompok itu diduga merusak  masjid dan Pondok Pesantren Darul Amin sekitar pukul 17.00 kemarin (3/4).

Beruntung, ulah tak bertanggung jawab itu tidak sampai memicu  bentrokan. Informasinya, sekelompok orang mendatangi masjid dan Pondok Pesantren Darul Amin. Tak disangka, oknum kiai berinisial MU yang membawa palu langsung memukul jendela masjid.

Akibatnya, lima kaca jendela masjid rusak. Tak berhenti di situ, MU mendatangi asrama santri di sebelah timur masjid. MU langsung menghancurkan kaca jendela asrama santri. Akibat ulahnya itu, 30 kaca jendela asrama putri pecah.

”Santri yang mayoritas anak-anak itu tidak berani menghentikan pelaku karena diancam dengan palu. Sementara santri dewasa saat itu sedang makan. MU tidak melakukan perusakan setelah dihentikan bibinya,” kata Pengasuh Pondok  Pesantren Darul Amin KH  Abd. Malik.

MU masih punya ikatan famili   dengan KH Abd. Malik. MU  merupakan salah satu pengasuh pondok di sebelah barat Pondok Pesantren Darul Amin.  KH Abd. Malik tidak mengetahui apa alasan MU merusak kaca jendela masjid dan pondok.

”MU biasa mengajar dan dia alim. Tapi tidak tahu apa sebabnya dia  melakukan perusakan,” ucapnya.  KH Abd. Malik berharap perusakan tersebut diproses hukum. Sebab yang dirusak merupakan  tempat ibadah dan asrama  santri. Dia tidak ingin ada polemik  dan gerakan massa jika  kasus tersebut tidak ditangani dengan serius.

”Ini masalah besar karena merusak tempat ibadah,” tegasnya. Kasatreskrim Polres Sampang AKP Hari Siswo belum  bisa memberikan penjelasan. Pihaknya menyarankan agar langsung konfirmasi ke Kapolsek Robatal. ”Saya di Kota Sampang. Langsung ke Polsek  Robatal ya,” sarannya kepada Jawa Pos Radar Madura.

Kapolsek Robatal AKP Heriyanto juga belum bisa menjelaskan terkait kasus perusakan  masjid dan pondok tersebut.  Pihaknya mengaku masih mendalami motif dan kronologinya. ”Tunggu dulu ya, saya masih menanyakan kepada pengasuh,” katanya singkat kemarin petang. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • contoh wawancara bahasa sunda tentang pondok pesantren
  • santri meninggal di darul amin sumber telor
  • Ponpes darul amin sumber telor robatal sampang madura
  • Ponpes darul amin desa sumber tlor madura
  • Pondok pandiyangan
  • logo yayasan darul amin robatal sampang
  • foto pp darul amin sumber tellor
  • foto pondok pesantren darul amin sampang jawa timur
  • do2nload video angin puting di pesantren darul amin taluk labak
  • sumber telur robatal sampang