Musnahkan Ratusan Miras

Hasil Operasi di Tujuh Kecamatan

BANGKALAN – Polres Bangkalan  memusnahkan ratusan botol minuman keras (miras) pada Kamis lalu (24/12). 255 botol  miras yang dihancurkan menggunakan alat berat itu merupakan hasil operasi cipta kondisi (cipkon)  selama delapan  hari di 18 kecamatan.

Anggota-polres-saat-mengecek-minuman-beralkohol-di-salah-satu-swalayan.

Kasatsabhara Polres  Bangkalan Iptu Suheriyanto mengatakan, dalam  operasi cipkon,  Kapolres Bangkalan memerintahkan semua  Kapolsek merazia toko yang menjual miras di  setiap kecamatan. Hasilnya, ratusan botol  miras pun dikumpulkan ke  mapolres untuk dimusnahkan  bersama-sama.

Sayangnya, dari 17 polsek  yang ada, hanya 7 polsek yang  berhasil mengamankan miras.  Sementara 10 polsek lainnya  nihil. Untuk itu, polres berjanji  akan memetakan untuk menjaring  pemberantasan miras di Bangkalan.

”Ke depan, kami akan melakukan operasi miras secara rutin,” katanya. Suheriyanto menilai, jika dibandingkan banyaknya laporan masyarakat yang masuk  ke polres, hasil operasi miras  masih minim. Sesuai laporan  masyarakat, peredaran miras paling  banyak terdapat di Kecamatan Bangkalan dan Kamal.

Mantan Kasi Propam ini menambahkan,  polisi hanya menyita dan memusnahkan miras.  Sementara penjualnya, cuma  disanksi tindak pidana ringan (tipiring) dan tidak ditahan. ”Setiap seminggu sekali hanya ikut sidang tipiring yang bersa  aan dengan  sidang tilang di pengadilan Negeri Bangkalan,”  ucap pria yang dikaruniai tiga  orang anak itu.

Heri berjanji melakukan operasi  dengan target miras selama  sebulan sekali. Sebab, miras  tersebut bisa memicu gangguan kamtibmas dan dapat menyebabkan tindak kejahatan yang lainnya. ”Kami akan berupaya untuk   merazia miras di berbagai toko,  swalayan, dan tempat-tempat  lainnya secara rutin,” janjinya.

Lebih lanjut dia mengimbau agar  masyarakat menghindari miras. Selain  tidak baik bagi kesehatan, juga berpotensi menyebabkan gangguan  kamtibmas. ”Tolong hindari miras,  supaya tidak ditiru anak-anak kita,”  pungkasnya. (radar)