Headline News:

Mengunjungi Makam Joko Tarub yang Semakin Tersohor

MAKAM yang diakui sebagai pesarean Joko Tarub yang terletak di Dusun Pacalan, Desa/Kecamatan Galis, dipadati pengunjung. Tujuannya, untuk berziarah dan memohon berkah atas apa yang diinginkan atau yang menjadi beban hidup para peziarah. Lokasi tersebut banyak dikenal, terutama warga Pulau Jawa. Salah satunya, Rina, 25, pengunjung asal Lamongan, Jawa Timur. Dia mengatakan, kedatangannya hanya ingin bersilaturahmi.


Menurutnya, makam tersebut merupakan makam peninggalan sosok seorang laki-laki yang berwibawa. Selain itu, Rina juga mengaku, dengan bersilaturahmi ke makam itu bisa sedikit menenangkan pikiran dan jiwa. ”Ya setidaknya mengisi hari libur dan sekaligus silaturahmi ke tempat religius ini (makam Joko Tarub, Red). Tujuan kami ke sini untuk berdoa. Sebab, mendengar cerita dari teman-teman dan warga sekitar (Jawa, Red) bisa mengurangi beban pikiran,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Madura kemarin(6/4).

Senada dengan Rina, Fauzi, salah satu pengunjung lainnya juga mengaku dengan berziarah di makam Joko Tarub bisa meringankan beban pikiran. ”Ketika saya punya utang, saya mencoba untuk berziarah ke makam ini agar bisa meringankan beban utang saya. Alhamdulillah Mas, itu terbukti saya sudah bisa bayar utang,” ujar Fauzi warga Situbondo.  Warga yang berdatangan tidak hanya dari Madura saja, akan tetapi dari luar Madura seperti Situbondo, Jember, Lamongan, Malang, dan Banyuwangi. Mereka sengaja berziarah dengan rombongan.

Juru Kunci Makam Joko Tarub, Untung Haryono, 67, mengatakan, tidak hanya warga sekitar yang berziarah ke tempat tersebut. Menurutnya, pengunjung banyak dari luar Madura, bahkan ada juga peziarah yang menginap. ”Kalau hari Minggu dan Sabtu ramai pengunjung Mas, itu kan bertepatan dengan hari libur. Terkadang juga ada warga dari luar Madura yang menginap di sini Mas dan pulang keesokan harinya,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Madura.

Selain itu, sebelum para pengunjung beranjak ke makam Joko Tarub, harus terlebih dulu mendengarkan cerita dari Untung Haryono, juru kunci dari makam tersebut. Sebab, menurut Untung, terdapat petunjuk-petunjuk dalam berdoa sebelum masuk ke makam. Itu agar apa yang diharapkannya bisa tercapai. ”Mohon ampun terutama kepada sesepuh agung Joko Tarub, Kiai Poleng, dan Nyai Poleng,” ujar Haryono saat memberi arahan kepada pengunjung. Bahkan, tambah Haryono, ketika masuk ke makam Joko Tarub sandal para pengunjung harus dilepas. Padahal tempat tersebut tidak dikeramik, hanya tanah. ”Tempat itu suci Dek, sehingga ketika mau masuk ke sana sandal harus dilepas terleih dulu” tandasnya. (radar)

Berita Bangkalan, Berita Sampang, Berita Pamekasan, Berita Sumenep

↑ Grab this Headline Animator

kata Kunci Terkait:

  • Joko tarub
  • Makam jaka tarub
  • sejarah jaka tarub
  • Makam joko tarub
  • makam joko tingkir
  • asal usul jaka tarub
  • jaka tarub
  • sejarah joko tingkir
  • sejarah joko tarub
  • joko tarup

Komentar Anda

komentar

2 Responses to "Mengunjungi Makam Joko Tarub yang Semakin Tersohor"

  1. nadiene says:

    bknya jaka turub di purworadi grobogan soale ak orang situ

  2. Anonymous says:

    Sbnarnya di mna makm nya???di kabupaten Grobogan kec.Tawang Harjo jga ada

Leave a Reply

Submit Comment

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com