Habis Rp 30 Juta, Jalan Penghubung Dua Kecamatan di Sampang Kembali Rusak

SAMPANG – Kerusakan jalan yang menghubungkan Kecamatan Tambelangan dengan Kecamatan Kedungdung hingga  kemarin (18/9) belum diperbaiki. Fakta itu mengindikasikan komitmen Pemkab Sampang membenahi infrastruktur tidak  sungguh-sungguh.

Holilur Rahman, 26, guru  yang mengajar di salah satu SD di Kecamatan Tambelangan  mengaku sering melewati jalan rusak di Dusun Bandung, Desa/Kecamatan Tambelangan.  ”Saya berharap jalan rusak ini  diperbaiki,” katanya. Anggota Komisi III DPRD  Sampang Moh. Farfar mengatakan, jalan dari Tambelangan  menuju Kedungdung memang  rusak parah.  Padahal jalan itu dibangun tahun lalu.

Dia akan melakukan investigasi langsung ke lapangan untuk memastikan penyebab kerusakan jalan. Jika perencanaan tidak benar,  konsultan proyek jalan yang harus bertanggung jawab. ”Kalau pelaksanaannya yang tidak benar, kontraktor yang harus  bertanggung jawab,” tegasnya.

Komisi III beberapa kali mendapatkan laporan dari masyarakat mengenai kerusakan jalan tersebut. Pihaknya berharap, ke depan tidak ada proyek jalan yang dikerjakan seadanya sehingga  cepat rusak.  Kepala Dinas PU Bina Marga  Sampang Moh. Zis diwakili Kabid Pemeliharaan Ach. Fauzi  menyatakan, tahun ini kemungkinan tidak ada anggaran  untuk memperbaiki kerusakan jalan dari Tambelangan menuju Kedungdung tersebut.

Tapi,  bisa saja ada bantuan keuangan untuk perbaikan jalan. Camat Tambelangan Moh.  Sulhan mengaku sudah menyampaikan surat pemberitahuan kepada bupati Sampang dan dinas PU bina marga. Menurut Sulhan, kerusakan jalan membuat pengendara terganggu.

”Satu bulan yang lalu kami kirim surat. Kami berharap segera ada perbaikan,” katanya. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang Wisnu Hartono menyatakan, Maret lalu pihaknya  memberikan bantuan agar jalan yang ambles diperbaiki. Namun, perbaikan hanya di- lakukan pengurukan sehingga  jalan ambles lagi.

”Anggarannya Rp 30 juta. Pekerjaannya memang tidak benar,” tuding dia. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • berita terkini camat tambelangan