Gus Ipul Dukung Madura Provinsi

SUMENEP – Keinginan Madura berpisah dari Provinsi Jawa Timur mendapat dukungan dari berbagai pihak. Selain empat bupati, Wagub Syaifullah Yusuf juga mendukung wacana tersebut. Pernyataan itu disampaikan di sela-sela Kesyukuran Ke-64 Ponpes Al-Amien Prenduan, Sumenep, kemarin (8/10).

Kepada awak media, dia mengaku mendukung rencana Madura jadi provinsi. Rencana itu dinilai baik karena berlandaskan kepentingan masyarakat. ”Menurut saya bagus, selama dalam rangka untuk pelayanan masyarakat,” katanya.

Mantan Ketua PB GP Ansor itu mengatakan, sudah saatnya Madura mengejar ketertinggalan. Pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi harus di percepat. Dengan menjadi provinsi, diharapkan pelayanan kepada masyarakat berjalan maksimal.

Gus Ipul mengatakan, bupati se-Madura sudah beriktikad baik untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya, membentuk provinsi Madura. ”Patut diapresiasi dan dihargai,” katanya.

Mantan Anggota DPR RI itu mengaku, memahami keinginan  masyarakat Madura yang ingin memisahkan diri dari Jatim. Dengan demikian, dia mengapresiasi dan mendukung realisasi rencana tersebut. Karena itu, mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal di era SBY itu membuka pintu lebar-lebar untuk mendiskusikan provinsi Madura.

”Segala hal yang berkaitan dengan provinsi  Madura perlu kita diskusikan lebih dalam lagi,” pintanya. Humas Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M) Sumenep Ach. Rifai’e menyambut baik respons Gus Ipul. Dengan dukungan  itu, bisa mempercepat proses tersebut. Sebab, rencana pembentukan  provinsi itu sudah lama.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Termasuk dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan DPR RI. Upaya itu dilakukan demi mewujudkan provinsi Madura. Menurut dia, Madura Provinsi menjadi kebutuhan masyarakat. ”Provinsi  Madura harga mati,” katanya.

Rifai’e mengatakan, banyak perkembangan baik dari rencana itu.  Yang paling pesat, kata dia, yakni dukungan dari empat bupati di Madura.  ”Semoga provinsi Madura segera  terwujud,” tandasnya. (radar)