Dianggarkan Altis, Dapat Nissan X-Trail

Jatah Pengadaan Mobil Pimpinan DPRD

SAMPANG – Sebagian pengadaan mobil  dinas (mobdin) pimpinan DPRD Sampang 2016 sudah dilakukan. Namun, pengadaannya diduga melenceng dari anggaran yang direncanakan. Pengadaan dua mobil Toyota Altis yang dianggarkan dalam APBD 2016 malah dibelikan Nissan X-Trail.

Padahal, dalam dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) 2016, sudah sesuai dengan rencana kerja dan anggaran (RKA) 2016. Dalam DPA disebutkan, ada empat pengadaan mobil pimpinan dewan. Yakni, Toyota Camry, dua Toyota Altis, dan  satu Nissan X-Trail.

Anggaran  untuk Toyota Camry mencapai Rp 750 juta, sedangkan dua Toyota Altis dan satu Nissan  X-Trail. Masing-masing dianggarkan  Rp 450 juta. Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Madura, pengadaan mobil pimpinan DPRD  tidak sesuai dengan rencana  pengadaan.

Pasalnya, dua  Toyota Altis yang dianggarkan secara diam-diam dibelikan Nissan X-Trail. Sementara harga Nissan X-Trail di bawah harga penganggaran sebelumnya. Anehnya, perubahan pembelian tersebut terkesan diam-diam.

Pihak DPRD Sampang enggan menyebut pihak ketiga yang ditunjuk sebagai pelaksana pengadaan barang. Meski, penanggung jawab anggaran dilakukan kesekretariatan DPRD setempat. Ditengarai, perubahan pembelian jenis mobil  dilakukan pasca APBD 2016  disahkan.

Dengan demikian, pengadaan mobil tidak sesuai dengan rencana yang disusun sebelumnya. Ketua DPRD Sampang Imam Ubaidillah ketika dikonfirmasi enggan berkomentar banyak soal perubahan pembelian mobdin. Bahkan, pihaknya mengaku tidak mengetahui adanya perubahan tersebut.

”Saya tidak tahu soal itu. Langsung saja kepada penanggung jawab anggaran Sekwan,” ujarnya kemarin (12/4). Pihaknya membenarkan bahwa kendaraan yang akan diperoleh ketua DPRD adalah mobil Toyota Camry. Sementara tiga mobil lainnya sudah ditentukan dalam APBD.

Diduga kuat, perubahan pembelian jenis mobil terjadi pasca APBD disahkan  gubernur Jawa Timur. Secara terpisah, Wakil Ketua DPRD Sampang Fauzan Adzima membenarkan adanya perubahan pembelanjaan jenis mobil. Dia mengakui, dua Toyota Altis yang dianggarkan  sengaja diubah ke Nissan XTrail semua. Alasannya, mobil tersebut disesuaikan dengan medan dan kebutuhan wakil ketua DPRD. 

”Kalau jenis sedan tidak bisa kami bawa ke mana-mana.  Sementara, kami sering mendatangi lokasi yang cukup sulit dan bisa dilalui dengan Nissan X-Trail,” ungkapnya. Terkait harga, kata dia, tidak menjadi masalah. Sebab, menurut dia, perubahan tersebut tidak bermasalah selama harga mobil baru tidak melebihi anggaran sebelumnya.

Uang sisa pembelian akan dikembalikan ke kas daerah. Ditaksir, mobil Nissan X-Trail di bawah Rp 400 juta. Sementara dua Nissan Altis dianggarkan Rp 450 juta. “:Selain masalah penyesuaian medan dan fungsinya, kami  melakukan perubahan pengadaan  untuk mengirit anggaran. Sebab, sisa anggaran akan dikembalikan lagi ke pemerintah  daerah,” kata Fauzan.

Siapakah yang menyepakati  adanya perubahan pembelian  jenis mobil? Fauzan mengaku unsur pimpinan DPRD menyepakati melalui musyawarah. Dia mengakui, perubahan pengadaan itu dilakukan setelah APBD 2016 disahkan. ”Kalau mobil sedan tidak bisa  dibawa ke pelosok. Sementara   kami butuh datang kepada masyarakat di pedesaan,” imbuh politikus asal Kecamatan  Jrengik itu kemarin.

Pantauan Jawa Pos Radar Madura, dua Nissan X-Trail yang lama diparkir di halaman  belakang DPRD kemarin. Dua kendaraan tersebut diparkir setelah ada dua pengadaan  kendaraan baru. Diduga, dua mobil digunakan dua wakil ketua DPRD Sampang. Sementara Toyota Camry dan satu Nissan X-Trail lainnya belum dikembalikan oleh  pimpinan dewan.

Sekretaris DPRD Sampang Sudarmanto mengatakan, perubahan jenis mobil sengaja dilakukan. Tujuannya, menyesuaikan  dengan pemanfaatan  mobil. Apalagi, ujar dia, harga Nissan X-Trail lebih murah daripada Toyota Altis. ”Memang ada perubahan. Tapi, tidak ada masalah selama di bawah anggaran yang ditetapkan,” ucapnya.

Sesuai rencana peruntukannya, mobil Camry akan digunakan Ketua DPRD Sampang Imam Ubaidillah. Sementara  tiga mobil lainnya akan dipakai tiga wakil ketua DPRD. Antara lain, Fauzan Adzima,  Moh. Hakiki, dan Abdussalam. Direncanakan, mobil Camry  berwarna hitam. Dua mobil wakil ketua DPRD berwarna hitam dan satu mobil lainnya berwarna putih. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • fauzan adzima dprd sampang