Curwan Resahkan Warga

PAMEKASAN – Kasus pencurian hewan (curwan) di Kecamatan Kadur, Pamekasan, sempat reda selama dua tahun terakhir. Tapi belakangan ini, curwan kembali terjadi dan meresahkan warga. Seekor sapi jenis limousine  milik Sadirah, warga Dusun Daleman Daya,  Desa Sokolelah, Kecamatan Kadur, dicuri maling kemarin (20/12) sekitar pukul 02.00.

Sapi yang hilang itu jantan. Sadirah memelihara  sapi tersebut selama 3 tahun. Saat masih  anakan, sapi dibeli di Pasar Keppo dengan  harga Rp 16 juta. Saat ini sapi diprediksi bisa  laku Rp 27 juta.  Kasus pencurian sapi diungkapkan Komandan  Kodim (Dandim) 0826/Pamekasan Letkol Armed  Mawardi.

Kata dia, pada saat kejadian pemilik  sapi tidur pulas karena kecapekan. Sekitar pukul   05.00 kemarin, pemilik masuk kandang. Dia  kaget, ternyata sapinya sudah tidak ada. ”Dia  langsung berteriak sapi hilang,” jelasnya.

Sadirah memberitahukan pencurian sapi ke kepala Desa Sokolelah. Selanjutnya, kepala desa menindaklanjuti dengan melapor ke babinsa yakni Sertu Alfret dan Babinkamtibmas  Bripka Sugianto sekitar pukul  06.10.

Babinsa kemudian melapor ke Danpos. ”Danpos, Babinsa, dan Babinkamtibmas berkoordinasi   dengan kepala desa melakukan  pencarian di sekitar sungai.  Langkah itu dilakukan karena pencuri sapi biasanya melewati  sekitar sungai,” jelas Mawardi.

Hingga kemarin aparatur desa  dan masyarakat masih mencari  sapi yang hilang itu ke Kecamatan  Pragaan, Sumenep. Kapolsek Kadur AKP Harijanto  mengatakan, pihaknya sudah  mengetahui kasus curwan tersebut. Hanya saja, pemilik  sapi tidak mau melapor dengan  alasan mau mencari sendiri.  ”Sebenarnya saya punya datanya,” ujar dia.

Untuk diketahui, pada 2013  warga Kecamatan Pragaan   bernama Mat Selor tepergok hendak mencuri sapi di Desa  Kertagena, Kecamatan Kadur. Mat Selor sempat kabur  setelah melempari pemiliki dengan bondet. Tim buser  Polres Pamekasan berhasil  menangkap dia di Kecamatan Pragaan dengan menghadiahi  timah panas karena melawan   dan mencoba melarikan diri. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • nama kapolsek kadur