Curi Sapi Pakai Avanza

SUMENEP – Aksi pencurian hewan (curwan) menggunakan mobil Avanza kembali terjadi di Sumenep. Kali ini korbannya adalah Abu Bakar, 47, warga Dusun  Tarogan, Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Sumenep. Sapi milik Abu Bakar diketahui hilang saat akan  diberi pakan Minggu pagi (3/1).

Kasubbaghumas-Polres-Sumenep-AKP-Hasanuddin--memperlihatkan-mobil-yang-digunakan--pelaku-saat-membawa-kabur-sapi-curian.

Belakangan terungkap, ternyata, sapi betina dengan harga sekitar Rp 8 juta itu dibawa kabur pencuri menggunakan Avanza M 440 VC. Kasubbaghumas Polres AKP Hasanuddin mengemukakan, setelah menerima informasi ada mobil mengangkut sapi  curian, tim resmob satreskrim dipimpin AKP I Gede Pranata Wiguna melakukan pengejaran.

”Mobil melaju ke Kecamatan Guluk-Guluk melewati  Kecamatan Lenteng. Resmob berhasil mencegat mobil di Guluk-Guluk,” katanya kemarin   (4/1).  Setelah diperiksa, ternyata, sapi dengan posisi miring  diletakkan di bagian belakang   mobil.

Eksan Muttakin, 25, sopir mobil, tidak bisa mengelak ketika polisi menemukan bukti sapi. Pemuda asal Kecamatan Larangan, Pamekasan, itu lalu diamankan petugas bersama mobil dan sapi ke Mapolres Sumenep sekitar  pukul 03.00.

Dari hasil pemeriksaan, sopir menyebut pencuri adalah Sapiyono, 42, warga Desa Lobuk,  Kecamatan Bluto, Sumenep, yang tak lain adalah tetangga korban. ”Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka  dan ditahan di polres untuk proses hukum lebih lanjut,”  tegas Hasanuddin.

Munawi, kepala Dusun Tarogan, Desa Lobuk, menerangkan, sapi tengah dititiprawatkan oleh penyidik polres kepada pemilik. Sebelumnya, di Dusun Tarogan tidak pernah terjadi pencurian sapi.  Hanya satu kali itu dan  langsung berhasil ditemukan aparat. Sapi tersebut ditengarai akan dibawa kabur ke Pamekasan. ”Untung masyarakat  dan aparat sigap menangkap,” katanya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • Desa lobuk