BK Gelar Sidang Tertutup Bahas Skandal Asmara Anggota Dewan

PAMEKASAN – Skandal asmara yang melibatkan oknum anggota DPRD Pamekasan IS (inisial) dengan sejumlah perempuan terus menuai protes. Kemarin (29/3) puluhan warga ngelurug kantor dewan. Mereka mendesak Badan Kehormatan (BK) DPRD Pamekasan mengusut skandal asmara IS.

Berbagai poster bernada satire dibentangkan warga di depan  kantor DPRD Pamekasan. Diantaranya, poster bertulis ”BK DPRD jangan mandul”, ”Kalian cukup bekerja dengan benar, biar kami yang bayar”, ”Sanksi tegas oknum DPRD”, serta kritik  lainnya. Mereka juga menyebut  skandal IS mencoreng nama baik Kota Gerbang Salam.

Salah seorang orator mengungkapkan, butuh ketegasan dari BK DPRD agar skandal asmara tersebut segera selesai.  Sebab, skandal itu mencederai kepercayaan warga terhadap  institusi DPRD. Terlebih, perbuatan tersebut dilakukan oknum kader PPP yang menjadi pendukung pemerintah.

”Kami mendesak BK membentuk tim investigasi untuk mengusut tuntas pelanggaran kode etik yang melibatkan IS,” kata Iklal. ”Oknum anggota dewan yang terlibat skandal asmara segera mengundurkan diri,” ujar orator itu.

Dia menjelaskan, perbuatan IS mencederai nilai-nilai kemanusiaan. Apalagi, korban asmara IS bukan hanya AMSC dan AF yang  telah melapor ke BK DPRD. Ada korban-korban lain yang telah ditelantarkan ketua Komisi III  DPRD Pamekasan tersebut.

”Coba seandainya itu menimpa adik Bapak atau putri Bapak. Bagaimana perasaan Bapak punya anak diceraikan  begitu saja? Bahkan, sudah punya anak, akan tetapi tidak  dinafkahi?” tambahnya. Menanggapi hal itu, Ketua BK DPRD Pamekasan Taufiqurrahman  berjanji segera memproses  skandal yang menimpa IS.

Menurut dia, BK sudah melayangkan surat kepada aksi dan dua perempuan yang  menjadi korban IS. Jika tidak ada halangan, hari ini  (30/3) BK akan menggelar sidang secara tertutup. ”Tapi, untuk membentuk tim investigasi, kami tida bisa. Sebab, BK sudah menjadi tim investigasi,” jelas Taufiq.

Pihaknya mengakui, ada dua  korban yang mengadukan IS ke  BK. Namun, dia tidak memaparkan  apa saja isi laporan tersebut. ”Pasti diproses,” tukasnya. Sehari sebelumnya (28/3), AF, 32, mengaku pernah dinikahi  IS. Didampingi kuasa hukumnya, Fahrillah, AF melaporkan  IS ke BK.

AF yang berdomisili  di Kelurahan Gladak Anyar,  Kecamatan Kota Pamekasan, mengaku dirugikan. Sebab, IS  bertindak sewenang-wenang.  Bahkan, IS tega menceraikan AF saat perempuan kelahiran  Lumajang itu hamil tua. AF  diceraikan IS pada Desember 2015. Mereka menjadi suami istri  siri selama enam bulan.

Dari  hasil nikah sembunyi-sembunyi tersebut, AF melahirkan seorang bayi perempuan. Bayi  itu lahir pada Februari atau tiga  bulan setelah perceraian. Untuk diketahui, skandal asmara  IS mencuat setelah mantan istri sirinya, yakni AMSC, menyebar foto mesra di media sosial (medsos).

AMSC mengaku sengaja melakukan itu karena merasa dicampakkan oleh oknum anggota dewan asal Kecamatan Pademawu itu. Setelah AMSC, AF juga melapor ke BK. Dia mengaku ditelantarkan oleh IS. (radar)