Headline News:

ASRI: Keputusan KPU Jatim Kuatkan DKPP

Terkait Statemen PTUN Tolak Gugatan ASRI


PAMEKASAN-Gugatanpasangan calon (paslon) ASRI (Ach. Syafii-Khalil Asyari) ditolak oleh PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara) Jawa Timur (Jatim). PTUN justru menyalahkan keputusan DKPP RI (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia) yang meloloskan ASRI sebagai peserta Pemilukada Pamekasan 9 Januari mendatang dengan nomor urut 3. Hal itu diungkapkan Muhdlar Abdullah, jurkam (juru kam panye) dalam kampanye akbar paslon KOMPAK di Stadion R Soenarto Hadiwidjojo beberapa hari lalu. Bah kan dia mengatakan jika komisioner KPU Pamekasan yang sudah dipecat DKPP akan melakukan gugatan balik ke PTUN.

”PTUN Jatim telah menolak gugatan ASRI sebagai peserta Pemilukada Pamekasan. Hal ini bertentangan dengan keputusan DKPP yang meloloskan ASRI. Komisioner KPU Pamekasan yang telah dipecat DKPP berencana melakukan gugatan balik ke PTUN,” papar pria yang juga Wakil Ketua DPRD Pamekasan itu kemarin (4/1). Atas kenyataan tersebut, politikus senior PBB (Partai Bulan Bintang) ini mengajak masyarakat untuk menegakkan kebenaran dan keadilan di Pamekasan. ”Jangan mau diadu domba, kita katakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah,” tambah Muhdlar.

Namun pernyataan Muhdlar itu dibantah keras oleh Muh. Alim, sekretaris Tim Advokasi ASRI. Menurutnya, gugatan itu tidak ditolak, tetapi tidak bisa dilanjutkan karena sudah ada keputusan DKPP yang sudah meloloskan ASRI sebagai peserta Pemilukada Pamekasan. ”Keputusan PTUN justru menguatkan keputusan DKPP. PTUN tidak bisa melanjutkan gugatan kami karena sudah ada keputusan DKPP yang memenangkan gugatan kami agar ASRI bisa menjadi peserta Pemilukada Pamekasan, dan PTUN membenarkan keputusan DKPP tersebut,” papar Muh. Alim kepada Jawa Pos Radar Madura saat dikonfirmasi kemarin (5/1).

Dia menambahkan, PTUN mengambil keputusan itu berdasar surat keputusan KPU Provinsi Jatim nomor 214 yang meloloskan ASRI. Surat keputusan itu secara otomatis mencabut surat keputusan KPU Pamekasan nomor 54 dan nomor 55 yang tidak meloloskan ASRI. ”Menurut PTUN, surat keputusan KPU Provinsi Jatim itu sudah cukup kuat untuk meloloskan ASRI sebagai peserta Pemilukada Pamekasan. Jadi, keputusan itu tidak bisa diganggu gugat,” terangnya singkat. (radar)

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Submit Comment

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com