Aksi Robot Joget Hasil Kreasi Mahasiswa Poltera

 

Bisa Menari Mengikuti Irama Lagu, Penonton Tertawa

BEBERAPA hasil kreasi mahasiswa Poltera dijejer di samping selatan gedung tempat berlangsungnya acara wisuda kemarin (1/10).  Di antaranya sepeda air (water bike), mobil listrik, dan kapal tak berawak. Ada juga robot joget dan robot pemadam api.

Undangan acara wisuda banyak  yang menyempatkan diri melihat hasil kreativitas mahasiswa. Yang  paling menarik dilihat adalah robot joget dan robot pemadam api. Saat dihidupkan, robot-robot itu mampu  menghibur pengunjung.

Robot yang dipamerkan itu kedua  tangannya bisa bergerak. Kepalanya juga bisa geleng-geleng. Pengunjung  banyak yang tertawa menyaksikan penampilan robot tersebut. Menariknya, robot itu juga bisa mengikuti lagu yang dibunyikan.  Jika lagu atau musik dimatikan,  obot itu berhenti berjoget.

Begitu pun jika musik hidup kembali, secara otomatis tangan dan kepalanya bergerak seperti orang berjoget. ”Memang bisa menari mengikuti lagu,” kata Airlangga, mahasiswa Teknik Listrik Industri Poltera. Pria asal Pamekasan itu menjelaskan, robot bisa berjoget secara otomatis karena sudah terprogram. Prosesnya menggunakan bluetooth yang dikoneksikan  ke robot.

”Robot ini mengunakan sensor gyro yang bertujuan menjaga daya tahan robot agar tidak roboh,” tutur dia.  Selain robot joget, ada juga robot pemadam api. Robot itu bisa memadamkan api dalam skala kecil seperti lilin. Jika ada api di dalam ruangan, robot itu bergerak mengikuti dinding menuju arah titik api.

”Kalau di barat ada api, robot ini langsung menuju ke titik api dan melakukan pemadaman dengan kipas yang terpasang  di robot. Kipas yang terpasang di robot itu akan mendekat sendiri ke titik api. Kalau api sudah padam ada, robot akan keluar sendiri dari ruangan,” ujarnya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • akai robot joget hasil mahasiswa poltera
  • aksi robot joget mahasiswa poltera
  • contoh teks berita tentang robot
  • mahasiswa poltera kecelekaan
  • mahasiswa poltera sampang denang robot joget nya
  • poltera sampang
  • robot poltera