Wabup Larang Bus Pariwisata Masuk Kota

KOTA – Keindahan Kota Sumenep dinilai terganggu dengan banyaknya kendaraan yang berlalu lalang. Terutama, kendaraan besar seperti bus pariwisata. Mulai tahun  ini, kendaraan-kendaraan itu akan dilarang melintas  di beberapa ruas jalan.

Anak-anak-bermain-di-area-Taman-Adipura-kemarin

Rencana pelarangan bus masuk kota tersebut disampaikan Wakil Bupati  Achmad Fauzi kemarin  (4/3). Dia akan memanggil perwakilan dinas perhubungan  (dishub) untuk  membicarakan persoalan  itu. Lalu lalang kendaraan  yang bikin semrawut tersebut segera dihentikan.

Wilayah perkotaan harus  bebas kendaraan besar,  termasuk bus pariwisata. Selain mengganggu keindahan, juga mengancam  ekonomi kerakyatan. Tukang  becak dan pengayuh ojek sepi penumpang. Jika bus pariwisata tidak masuk kota, wisatawan yang  hendak berkunjung ke destinasi  wisata akan menggunakan becak dan ojek.

”Tapi, ojek dan becaknya juga harus dikemas semenarik  mungkin,” katanya. Rute perjalanan wisata  atas panduan tukang ojek dan abang becak itu bisa diatur. Misalnya, lanjut dia, sebelum ke museum, pengunjung mampir di  pusat jajanan khas Sumenep. Otomatis, ekonomi  masyarakat kecil akan  bergerak.

”Tahun ini wajib terlaksana. Mau nunggu kapan? Tahun depan, kapan berjalannya?” paparnya. Kepala Dishub Sumenep Mohammad Fadillah mengatakan,  rencana tersebut  sudah dikoordinasikan dengan kepolisian. Dalam waktu dekat, rencana itu segera terealisasi.

Tidak hanya bus, mobil penumpang umum (MPU)  juga akan diatur. Cara yang bakal diterapkan  adalah mengaktifkan  kembali subterminal  sebagai tempat mangkal MPU ketika menunggu calon penumpang. Dia mengakui, untuk merealisasikan  itu, butuh proses.

Fenomena yang terjadi, jelas mantan kepala pelaksana BPBD itu, bukan penumpang yang mencari angkutan. Tapi, MPU mengejar penumpang. Sebab, banyak warga yang menggunakan sepeda motor. Khusus untuk mobil barang dan truk sudah diatur.  Kendaraan tersebut  hanya bisa masuk kota di  atas pukul 16.00. Karena itu, dia mengklaim, jalanan  kota akan semakin baik  dan lancar.(radar)