Tutup Belasan Hektare Tambak Udang

Beroperasi tanpa Izin

DUNGKEK – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumenep menutup paksa belasan hektare tambak udang di Kecamatan Dungkek dan Batang-Batang, kemarin (7/4). Polisi penegak perda itu menghentikan operasi usaha udang lantaran tidak mengantongi izin.

Kasi Ops Satpol PP Moh. Saleh menjelaskan, di samping tidak berizin, penutupan tambak tersebut karena banyak desakan dan keluhan dari masyarakat. ”Masyarakat mendesak agar tambak segera ditutup. Jadi selama belum ada izin, tidak boleh ada aktivitas apa pun,” tegasnya.

Saleh mengatakan, saat menutup tambak, satpol PP dibantu badan pelayanan perizinan terpadu (BPPT) dan mendapat pengamanan dari polsek. Saleh juga mengaku sudah berkomunikasi dengan pemilik tambak.
Komunikasi tersebut dalam rangka memberi masukan agar segera mengurus izin, sehingga tambak bisa segera beroperasi kembali.

Untuk memastikan tambak yang ditutup itu tidak beroperasi hingga ada izin, ada personel satpol PP yang ditugaskan untuk mengawasi. ”Kalau ada yang melanggar akan disanksi,” tandasnya. Sekretaris Komunitas Eman Na’poto (KEN) M. Baijuri mengatakan, beberapa waktu lalu sejumlah perwakilan warga dari beberapa daerah bertemu Bupati Busyro.

Mereka menuntut agar tidak ada  lagi izin pembangunan tambak. Tuntutan lain, tambak udang yang belum mengantongi izin diminta untuk segera ditutup. Sebab, tambak tanpa izin dipastikan tidak berdasarkan kajian yang jelas terkait dampak lingkungan.

Dia mengaku sangat mengapresiasi tindakan pemkab tersebut. Sebab, hal itu mengindikasikan tuntutan warga selama ini mulai didengar. ”Tambak sangat merusak lingkungan, harus dikaji lebih mendalam untuk membangunnya,” ujarnya.

Dia berharap, bupati tidak hanya memerintahkan penutupan tambak udang tak berizin. Tapi, harus ada kebijakan yang lebih prorakyat terdampak tambak. Misalnya, menerbitkan peraturan bupati (perbup) terkait larangan pembuatan tambak. Dengan demikian, lingkungan akan lestari, laut tidak akan tercemar, dan masyarakat tetap bisa mencari ikan dengan tenang. (radar)