Headline News:

Puluhan Gapoktan Gagal Dapat PUAP

Enam Gapoktan Tak Dicairkan


KOTA-Puluhan gabungan kelompok tani (gapoktan) di Sumenep gagal mendapat bantuan dana program pengembangan usaha agribisnis perdesaan (PUAP) 2013. Kegagalan gapoktan lantaran tidak memenuhi syarat. Dari 63 gapoktandes yang mengajukan, cuma 16 gapoktan yang layak memperoleh dana PUAP dari Kementan RI itu. Kabid Agribisnis Disperta Sumenep A. Hafi mengatakan, tiap gapoktan yang mengajukan, dikirim ke pemerintah pusat. Lalu, diverifi kasi oleh tim Disperta Sumenep. Kemudian ditinjau ke lokasi.

Nah, hasil peninjauan ke lokasi itu baru ditentukan gapoktan yang berhak dan tidak. ”Tentunya, mengacu sejauh mana keaktifan poktan menjalankan program,” jelasnya. Hafi menjelaskan, pengukuhan dari kepala desa terhadap keberadaan gapoktan jadi salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi. Syarat wajib harus dipenuhi untuk memperoleh bantuan PUAP. Dari sekian gapoktan, ternyata hanya 16 gapoktan yang bisa mendapatkan program PUAP. ”Pengajuan dihentikan kalau memasuki akhir tahun,” papar Hafi .

Dijelaskan, setiap gapoktan mendapat dana PUAP Rp 100 juta. Dari 16 gapoktan, masih 11 gapoktan yang sudah menerima dana PUAP melalui rekening masing-masing. Sisanya lima gapoktan menyusul. Sebab, masih diseleksi lagi. Total dana PUAP untuk gapoktan di Sumenep mencapai Rp 1,6 miliar. Apakah dana PUAP 2012 sudah cair semua? Hafi mengaku ada enam gapoktandes yang belum dicairkan.

Penyebabnya, di enam desa tersebut sedang persiapan pilkades. Itu sudah menjadi kesepakatan dengan mereka untuk mencairkan dana setelah pilkades. ”Tidak masalah. Sebab, itu sudah kesepakatan poktan,” terang Hafi . Terpisah, anggota Komisi B DPRD Sumenep Suroyo mengatakan, penggunaan dana PUAP harus maksimal. Sehingga, program itu tidak dinikmati oleh segelintir pengurus poktan dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh semua anggotanya. (radar)

Berita Bangkalan, Berita Sampang, Berita Pamekasan, Berita Sumenep

↑ Grab this Headline Animator

kata Kunci Terkait:

  • bantuan puap belum dicairkan
  • kapan dana puap dicairkan

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Submit Comment

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com