Pesawat Terbakar di Bandara Trunojoyo

KOTA – Aktivitas penerbangan di Bandara Trunojoyo nyaris terganggu kemarin (30/11). Salah satu bagian pesawat latih  terbakar saat proses landing.  Atas kejadian itu, Kementerian  Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan investigasi.

Pesawat-Latih-di-Bandara-Trunojoyo-Sumenep

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Wahyu Siswoyo menyatakan,  insiden tersebut terjadi sekitar pukul 11.30. Pesawat yang mengalami kebakaran mesin itu milik Trans Asia Pasific Aviation Traning (TAPAT) Pilot School.

Saat itu pesawat tersebut dikendalikan pilot bernama Antonius P. Tidak ada korban  jiwa dalam insiden itu. Sang pilot juga tidak mengalami cedera apa pun. Sebab, kru pesawat melihat  percikan api dari mesin. Lalu, mereka melakukan pemadaman.

”Setelah dipadamkan, langsung di-recovery,” katanya. Wahyu mengatakan, peristiwa tersebut telah dilaporkan ke Kemenhub. Dalam waktu  dekat, akan ada tim investigasi dari Direktorat Kelaikan Udara Kemenhub.

Mereka  bakal mencari tahu penyebab  percikan api yang membakar mesin pesawat itu.  Atas kejadian tersebut, pesawat itu tidak akan dioperasikan. Sebab, mesin mati total. Pihak  bandara sudah mengamankan pesawat tersebut.

”Tugas bandara hanya mengamankan pesawat agar tidak mengganggu operasional selanjutnya,” tandasnya. (radar)