Perbaikan Pelabuhan Belum Jelas

KALIANGET – Kerusakan dermaga di Pelabuhan II Kalianget hingga kemarin (2/4) tak kunjung diperbaiki. Padahal, pelabuhan tersebut menjadi akses ke sejumlah kepulauan. Dermaga yang rusak tidak bisa dimanfaatkan secara  maksimal dan hanya menjadi  tempat memancing.

Hosen, 32, warga kepulauan yang sering lewat di Pelabuhan II Kalianget, mengatakan, setelah terjadi insiden, dermaga yang rusak tidak lagi dimanfaatkan. Kapal yang biasa sandar di lokasi itu pindah ke tempat lain. ”Banyak  kapal asal kepulauan yang  pindah ke Pelabuhan Gersik  Putih,” tuturnya kemarin.

Pelabuhan II Kalianget sering digunakan sebagai tempat sandar kapal asal Pulau Sapudi  dan Raas. Namun, saat ini  salah satu dermaga miring. Kondisi itu sangat membahayakan  jika tetap digunakan sebagai tempat labuh kapal. Anggota Komisi III DPRD Sumenep  Indra Wahyudi meminta, dermaga di Pelabuhan II Kalianget dibenahi.

”Ini sudah tahun lalu rusaknya, maka harus segera diperbaiki,” ujar dia. Di Sumenep pelabuhan merupakan fasilitas penting.  Sebab, 30 persen penduduk  kabupaten paling timur Madura  itu berada di kepulauan. Bila kondisi pelabuhan tidak layak, transportasi ke wilayah kepulauan tidak kondusif.

Dengan begitu, warga kepulauan akan menjadi korban. Sementara itu, Kepala Kantor Administratur Pelabuhan (Adpel)  Syahbandar Kalianget Moh.  Iksan menyatakan, pihaknya telah memerintah PT Pelindo memperbaiki dermaga yang rusak.

Dia berharap, dermaga segera diperbaiki sehingga dapat dimanfaatkan kembali. Informasi terakhir yang dia terima, pengajuan perbaikan dermaga mendapat respons. PT  Pelindo selaku pemilik pelabuhan  segera memperbaiki. Namun,  realisasinya belum diketahui.

”Kantor PT Pelindo di Gresik sudah setuju. Tapi, kami belum mendapatkan informasi kapan pelaksanaannya,” jelas Iksan. Sebagaimana diketahui, pada 2015, salah satu dermaga di Pelabuhan II Kalianget dibentur kapal. Akibatnya, konstruksi dermaga  miring. Sejak itu, dermaga tersebut tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • kator syahbandar kalianget