Headline News:

Menunggu Aksi Nyata Pemkab

Pengoperasian Pelabuhan Brakas Baru


RAAS-Tak kunjung dioperasikannya Pelabuhan Brakas Baru di Desa Brakas, Kecamatan/Pulau Raas, disayangkan sejumlah anggota DPRD Sumenep. Pasalnya, proses pembangunan pelabuhan megah itu sudah rampung secara keseluruhan. Kementerian Perhubungan RI pun sudah secara resmi menyerahkan pengelolaan Pelabuhan Brakas Baru kepada Pemkab Sumenep.

Hal itu diungkapkan Moh. Husin, anggota Komisi C DPRD Sumenep, kemarin (24/6). Menurutnya, karena pembangunan Pelabuhan Brakas Baru sudah dinyatakan selesai sejak 2012 lalu, maka sudah seharusnya pelabuhan senilai Rp 70 miliar lebih itu dioperasikan. ”Agar pelabuhan itu segera beroperasi, Pemkab Sumenep harus melakukan aksi nyata,” katanya bersemangat.

Lebih lanjut Husin menegaskan, pemkab tak perlu ragu lagi untuk mengoperasikan pelabuhan megah itu. Apalagi, secara resmi pemkab dipasrahi kewenangan oleh Kementerian Perhubungan RI untuk mengelola pelabuhan yang dibangun sejak 2008 silam. Untuk diketahui, Pelabuhan Brakas Baru disebut-sebut sebagai pelabuhan paling megah di Sumenep. Hal itu tidak lepas dari berbagai fasilitas yang ada di pelabuhan.

Misalnya, 58 lampu penerangan yang menggunakan pembangkit listrik tenaga surya. Jalan sepanjang 1 kilometer menuju dermaga teraspal baik dan sejumlah bangunan gedung juga telah berdiri kokoh. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, Hery Kuntjoro Pribadi menyatakan, pihaknya memang tengah sibuk menyiapkan rencana pengoperasian Pelabuhan Brakas Baru. Hery mengaku sedang rapat di Surabaya untuk mematangkan rencana pengoperasian pelabuhan di Pulau Raas itu. ”Ini saya lagi rapat di Surabaya,” katanya melalui ponselnya. (radar)

Baca Juga :

Komentar Anda

komentar