Headline News:

Masjid Jamik Jadi Jujukan Iktikaf

KOTA-Memperbanyak amal saleh di bulan Ramadan adalah anjuran yang diberikan kepada umat Islam di muka bumi. Salah satunya adalah melaksanakan iktikaf di dalam masjid. Iktikaf merupakan kegiatan berdiam diri di dalam masjid dengan niat khusus beribadah kepada Allah SWT. Di Sumenep, masjid yang selalu dipadati warga yang berniat untuk melaksanakan iktikaf adalah Masjid Jamik Sumenep.


Setiap hari selama bulan Ramadan, masjid yang berumur ratusan tahun tersebut jadi jujukan warga untuk menambah ibadah di bulan Ramadan. Abdullah Tholib, 50, misalnya jamaah yang ditemui Jawa Pos Radar Madura saat di Masjid Jamik ini mengaku sengaja tidak langsung pulang usai salat Duhur berjamaah karena masih ingin iktikaf di dalam masjid. Menurutnya, secara bahasa iktikaf memiliki arti berdiam diri.

”Maksudnya ya berdiam diri di dalam masjid. Orang yang berada di dalam masjid, meskipun tidak melakukan apa-apa, dinilai sebagai ibadah. Tapi ada syaratnya, yaitu tidak lupa berniat melakukan iktikaf,” katanya menjelaskan. Termasuk, sambung Abdullah, orang yang hanya sekadar tiduran di dalam masjid tetap bernilai pahala. Tentu saja asal orang tersebut tidak mengotori dan mengganggu ketenteraman masjid.

Karena itu, banyak dijumpai orang beristirahat di serambi Masjid Jamik. Muhammad Zahri, 75, seorang jamaah lainnya mengaku ingin memanfaatkan bulan Ramadan dengan banyak melakukan ibadah. Salah satunya yakni dengan membaca Alquran hingga khatam (tamat) di Masjid Jamik. ”Insya Allah, tiap hari saya iktikaf sambil baca Alquran di masjid ini,” ujarnya. (radar)

Berita Bangkalan, Berita Sampang, Berita Pamekasan, Berita Sumenep

↑ Grab this Headline Animator

kata Kunci Terkait:

  • carok bangkalan madura masjid jamik

Komentar Anda

komentar

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com