Kepala UPT Jarang Ngantor

Kadisdukcapil Ngaku Belum Terima Laporan

MASALEMBU – Kinerja Kepala UPT Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Masalembu
Arif Budi Utomo disorot. Dia  disebut-sebut jarang masuk  kantor dan sering berada di daratan. Akibatnya, pelayanan  pembuatan dokumen kependudukan  terabaikan.

Demikian diungkapkan tokoh masyarakat Masalembu  Zakaria kemarin (4/4). Dia mengatakan, Arif kerap tidak  masuk kantor. Informasi yang diterima, Arif sering berada di daratan. ”Informasi yang saya terima, beberapa waktu lalu  sempat masuk kantor. Namun,  hanya sebentar,” tuturnya.

Zakaria mengatakan, keberadaan Arif selaku kepala UPT sangat  dibutuhkan. ”Kalau orangnya tidak ada, siapa yang akan memberi tanda tangan?” tanyanya. Zakaria juga mengungkapkan, selama berada di daratan, Arif ditengarai membaca stempel kantor.

Beberapa bulan terakhir,  banyak yang mengurus dokumen. Namun, karena kepala UPT tidak ada, pembuatan dokumen itu terpaksa ditunda. ”Mestinya kan pelayanan kepada masyarakat diutamakan,” terangnya. Dikonfirmasi, Arif Budi Utomo menampik tudingan itu. Dia menegaskan, jika tidak ada tugas yang mengharuskan pergi ke daratan, pasti dirinya berada di Masalembu.

Dia mengakui tidak setiap waktu berada di pulau yang memiliki burung kakatua jambul kuning tersebut. Transportasi menuju pulau itu bergantung pada cuaca. Dia mengklaim, meski tanpa dirinya, pelayanan masyarakat tidak terganggu. Sebab, ada petugas yang siap melayani warga. Bila ada yang butuh tanda tangan, dia siap melayani di mana saja.

”Kalau kebetulan saya di kota, yang kami layani di sini,” terangnya. Kepala Disdukcapil Sumenep Akhmad Zaini mengaku belum mendapat laporan. Untuk memastikan informasi itu, pihaknya akan memanggil yang
bersangkutan ”Hari ini (kemarin, Red) juga kami langsung panggil,” tegasnya. (radar)