Kapal Logistik Tabrak Perahu

Terpaksa Kembali ke Kalianget

KALIANGET – Nahas, Distribusi logistik pilkada kali pertama  mengalami kecelakaan. Kapal  KM Maumere I yang mengangkut logistik ke Pulau Kangean terpaksa balik ke Pelabuhan Kalianget kemarin (30/11). Sebab,  kapal tersebut menabrak perahu  nelayan setelah menempuh perjalanan  tiga jam.

Pekerja-menururnkan-logistik-pilkada-di-KM-Maumere-I-di-Pelabuhan-II-Kalianget-sebelum-berlayar-ke-Pulau-Kangean-kemarin

Kapal itu berangkat dari Pelabuhan II Kalianget pukul 07.00 menuju Pelabuhan Batuguluk, Kangean. Kapal tersebut mengangkut 337 kotak suara berisi  kebutuhan dokumen lengkap pencoblosan. Logistik itu untuk  kebutuhan di Kecamatan Arjasa dan Kangayan, Pulau Kangean,  serta Kecamatan Sapeken.

Dalam perjalanan, logistik  tersebut dikawal ketat oleh petugas keamanan. Selain itu, di atas kapal terdapat anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK). Namun,  sebelum sampai ke tempat tujuan, kapal tersebut menabrak  perahu nelayan.

Perahu itu milik As’ari, 31, yang sedang memancing. Untungnya, warga Dusun Tanjung Alang, Desa Padike, Kecamatan  Talango, itu berhasil diselamatkan. Namun, perahunya hancur dan tenggelam. Sumber koran ini menyebutkan,  kecelakaan terjadi sekitar pukul 10.00 atau tiga jam perjalanan dari Kalianget.

Lokasi kecelakaan diperkirakan di perairan Raas atau Sapudi. ”Kalau tiga  jam perjalanan, kemungkinan sampai di perairan Sapudi sebelum Raas,” katanya. Kepala Kantor Kesyahbandaran  dan Otoritas Peabuhan  (KSOP) Kalianget Moch. Iksan belum bisa memastikan penyebab  peristiwa itu.

”Kami  sudah mendapat laporan. Tapi,  informasi secara detailnya belum kami terima,” ucapnya.  Iksan menjelaskan, insiden itu sudah dikoordinasikan  dengan petugas Satpolair  Polres Sumenep. Sebab, penanganan  berada di wilayah  kerja polair.

”Kami hanya bisa memastikan, kapal itu kembali ke Kalianget,” tuturnya.  Kasubbaghumas Polres Sumenep AKP Hasanudin mendapat laporan sekitar pukul 16.00. Kecelakaan  laut terjadi sekitar pukul  10.00. ”Kapal itu balik karena di tengah perjalanan menabrak perahu nelayan,” terangnya.

Pihaknya masih mengumpulkan  data dan keterangan dari aparat keamanan di kapal  tersebut. ”Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Kasus itu dalam penanganan  polisi,” tambahnya.  Komisioner KPU Sumenep Divisi Perencanaan, Keuangan,  Logistik, dan Urusan Rumah  Tangga Malik Mustafa memastikan, logistik pilkada dalam kapal aman. ”Informasi yang kami terima, kapal itu balik  karena menabrak perahu,” katanya singkat. (radar)