Kades Lapa Laok Diberhentikan Sementara

Pelapor Minta A. Suud Segera Ditahan

DUNGKEK – Desakan agar Kepala Desa (Kades) Lapa Laok, Kecamatan Dungkek, A. Suud dinonaktifkan berhasil. Pemerintah dalam waktu dekat mengeluarkan  surat keputusan (SK) pemberhentian sementara. Hal itu dilakukan setelah bagian pemerintah desa (pemdes) menggelar rapat koordinasi.

Hal itu dikemukakan Kabagpemdes Setkab Sumenep Ali Dair kemarin (2/9). Menurut dia, pembuatan SK pemberhentian sementara tengah diproses sehingga dalam waktu dekat bisa diterbitkan. ”Tinggal menunggu waktu. Yang jelas, SK-nya itu dalam proses pembuatan,” katanya.

Dair menjelaskan, penerbitan SK itu  akan dilakukan lantaran pemerintah mendapat salinan putusan dari kejaksaan. Meskin, saat ini Suud masih mengajukan banding. Sayangnya, mantan camat Batuan itu belum membeberkan secara  detail, kapan SK tersebut diterbitkan.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dia meminta warga bersabar sampai pemerintah menerbitkannya.  ”Kalau disampaikan ke publik nanti  malah berpolemik di bawah. Makanya, mending ditunggu saja sampai SK itu  turun,” ujarnya.

Dair menerangkan, pemberhentian sementara itu didasarkan pada Peraturan Bupati (Perbup) 31/2014 pasal  59. Dalam perbup itu dijelaskan bahwa Kades ditetapkan sebagai tersangka lantaran  kasus korupsi harus diberhentikan sementara. ”Tapi, kalau misalnya dalam  banding itu menang, ya dicabut lagi. Kecuali kalah, maka langsung diberhentikan tetap,” ucapnya.

Sementara itu, Moh. Jupri selaku pelapor menyatakan, pemkab harus melayangkan SK itu. Tujuannya, roda  pemerintahan di Desa Lapa Laok lebih  optimal. Dia juga meminta yang bersangkutan segera ditahan. ”Akibat kasus ini, raskin selama tahun ini tidak ditebus. Makanya, SK pemberhentian secepatnya  dilayangkan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pada Agustus 2014, A. Suud dilaporkan menyelewengkan raskin. Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, pada 2015, Kades A. Suud ditetapkan sebagai tersangka. Bahkan,  Pengadilan Tipikor Surabaya telah memvonis Kades yang menjabat sejak 2013  tersebut. Namun, yang bersangkutan masih mengajukan banding. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • cari sk kades lapa laok
  • sk pemberhentian kades lapa laok