Dua Maling Sapi di Kecamatan Pragaan Divonis 4 Tahun

KOTA – Proses hukum kasus tindak pidana pencurian hewan (curwan) yang disertai kekerasan di Kecamatan Pragaan tuntas. Dua pelaku, yakni Mashudi, warga Desa Jaddung, dan Holbari, warga Desa Pragaan Daya, kecamatan setempat, sama-sama divonis empat tahun  kurungan penjara.

Kasipidum Kejari Sumenep Dicky Andi Firmansyah yang diwakili Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Teddy Roomius mengungkapkan, Mashudi divonis tiga pekan lalu. Sementara Holbarai divonis dua pekan kemudian. Vonis yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan   Negeri (PN) Sumenep lebih ringan daripada tuntutan jaksa.

”Mashudi dituntut lima tahun, sedangkan Holbari dituntut enam tahun penjara,” katanya. Meski lebih ringan daripada tuntutan jaksa, vonis itu dinilai sangat memuaskan. Karena itu, pihaknya langsung menerima, tidak mengajukan banding. Lagi pula, vonis tersebut melebihi dua pertiga dari tuntutan.

”Kami nggak mengajukan banding dan  pihak terdakwa juga menerima,” ujarnya. Teddy menuturkan, untuk Abdul Hamid, pelaku lain, warga Desa Pragaan Laok, Kecamatan Pragaan, prosesnya  lebih lambat. Rencananya, penyidik melimpahkan berkasnya ke pengadilan hari ini (16/9). Dia dituding sebagai kawanan pelaku curwan yang kerap meresahkan  masyarakat Pragaan.

”Yang sudah masuk persidangan baru dua pelaku. Yang lain masih dalam pengejaran  polisi. Nah, untuk Holbari (tuntutannya)  sedikit berat. Sebab, yang bersangkutan merupakan residivis” terang Teddy.  Selain tiga pelaku, jelas dia, dalam kasus itu, diduga masih ada keterlibatan  pihak lain.

Sesuai fakta persidangan, ada beberapa orang yang disebut ikut terlibat  dalam aksi pencurian tersebut. Yakni, SF, LT, dan TL. Ketiganya merupakan warga Kecamatan Pragaan. Untuk diketahui, sapi milik Sakur, warga  desa setempat, dicuri maling. Namun,   saat sampai di simpang tiga, Dusun Bak Buru Laok, Desa Pakamban Daya, pelaku dipergoki Rasidi, warga setempat.

Karena terpojok, salah seorang di antara pencuri melemparkan bondet (bom ikan) ke arah Rasidi. Rasidi juga dibacok oleh pencuri lainnya. Akibatnya, pergelangan tangan Rasidi luka parah. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • berita terkini di sumenep pengadilan
  • berita terkini sumenep di pengadilan
  • di vonis berapa tahun maling sapi sluke
  • kasus mashudi jaddung
  • Kasus pencurian di kec pragaan sumenep
  • maling sapi d pragaan daya
  • pencuri asal jaddung di sampanh