Ribuan Warga Sampang Belum Cetak E-KTP

KOTA – Deadline perekaman KTP elektronik (e-KTP) oleh Kementerian Dalam Negeri  (Kemendagri) berakhir bulan ini. Padahal, warga Sampang yang belum merekam e-KTP  tersisa 216.165 orang. Diprediksi, perekaman tersebut tidak  tuntas hingga akhir bulan ini.

Anggota Komisi IV DPRD Sampang Guntur Wahab menuding dinas kependudukan dan catatan sipil (dispendukcapil) tidak   akan sanggup menuntaskan  perekaman. Sebanyak 216.165 warga tidak bisa selesai dalam waktu sebulan. Ditambah lagi, blangko pembuatan e-KTP  masih kosong. Guntur menuding, banyaknya  warga yang belum mendapat   e-KTP disebabkan lemahnya  pelayanan dispendukcapil.

”Deadline yang diberikan pemerintah pusat betul-betul dimanfaatkan. Kinerja dispenducapil harus maksimal. Harus menjemput bola, jangan menunggu bola,” katanya. Sementara itu, Kabid Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Sampang Moh. Saputra Sutrisno   mengatakan, surat edaran (SE) dari Kemendagri hanya target, bukan deadline. Namun, pihaknya akan mengusahakan dengan berbagai cara dalam menuntaskan  perekaman e-KTP.

”Upaya kami salah satunya  mengirim surat ke setiap kecamatan dan petugas mobil keliling di masing-masing desa,” katanya. Dia menambahkan, belum ada blangko sejak sebulan lalu. Namun, solusi yang diberikan adalah melakukan perekaman  di tiap kecamatan. Yang menjadi kendala biasanya kesadaran  warga minim. Sebab, jika butuh KTP, mereka baru mengurus.

Sementara itu, Plh Kepala Dispendukcapil Sampang Ach. Rochim Mawardi menjelaskan, pihaknya akan merancang strategi untuk mengentaskan semua perekaman e-KTP. Begitu pun akta kelahiran. Pihaknya bakal mendahulukan di internal. Setelah itu, dilakukan kepada setiap pegawai di  masing-masing SKPD.

”Setiap pegawai negeri yang belum memiliki KTP segera mendaftar supaya cepat diproses. Sementara ini, kami lakukan di internal. Kalau sudah ada perubahan, baru saya instruksikan ke SKPD,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya kemarin (2/9). Pihaknya optimistis bisa me-  nyelesaikan perekaman e-KTP.   Dispendukcapil akan bekerja maksimal. Termasuk, berupaya melengkapi alat penunjang seperti alat perekam dan komputer. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • berita dispendukcapil sampang
  • ktp warga sampang