Ratusan SMP Tidak Siap Unas CBT

KOTA – Dari jumlah total 503 SMP/MTs yang ada di Sampang, hanya satu sekolah yang siap melaksanakan unas menggunakan computer based test (CBT). Sementara ratusan sekolah lainnya tidak siap. Kepala Bidang (Kabid) Kurikulum Disdik Sampang Arief Budiansor mengatakan, untuk unas SMP/MTs baru SMPN 1 Sampang yang siap melaksanakan unas CBT.

Sekolah  yang siap menggunakan CBT akan diusulkan ke Kementerian Pendidikan. ”Jadi, yang menyatakan siap bukan disdik. Tetapi sekolah itu sendiri,” ujarnya. Dikatakan, untuk lembaga SMA dan sederajat belum diketahui pasti jumlah yang akan menggunakan CBT tahun depan.

Menurut Arief, jumlah lembaga bisa diketahui ketika hampir pelaksanaan unas. ”Lembaga yang kami usulkan itu belum diterima semua. Sebab, dilihat betul persiapannya,” bebernya Untuk tahun ini, yang sudah melaksanakan unas CBT ada lima. Yakni, SMKN 1 Sampang, SMKN 2 Sampang, SMKN 3 Sampang, SMKN 1 Tambelangan, dan SMK Al-Azhari Kedungdung.

”Lembaga yang belum berbasis komputer pada pelaksanaan unas karena ada kendala. Contohnya fasilitas yang belum memadai. Kami nanti akan membantu dari kekurangan persentase 30 persen dan langsung berbentuk komputer,” pungkasnya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • teks eksplanasi tentang computer based test