Kuota dan Penerima Raskin Akan Berubah

KOTA – Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnaketrans) Sampang memastikan, ada perubahan jumlah  kuota dan penerima beras miskin  (raskin). Kemungkinan, diberlakukan Juni mendatang. Perubahan kuota dan jumlah penerima raskin itu disebabkan adanya perubahan sistem.

Kuota-dan-Penerima-Raskin-Akan-Berubah

Sebelumnya, penerima raskin menggunakan sistem berbasis rumah tangga sasaran (RTS). Pada pendistribusian Juni mendatang, akan digunakan sistem pemutakhiran berbasis data terpadu (PBDT). Keputusan itu merupakan hasil pertemuan Dinsosnakertrans Sampang dan dinas terkait di Surabaya beberapa  pekan terakhir.

Jatah raskin untuk wilayah Sampang kemungkinan berkurang. Dengan demikian, kuota raskin  tidak sama seperti tiga tahun terakhir.  Beberapa tahun terakhir,  jatah untuk Sampang mencapai 1.629.705 kilogram. ”Hasil rapat itu berlaku mulai Juni mendatang. Sebelumnya, masih menggunakan sistem lama, yakni berbasis rumah tangga,”  kata Kasi Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial Dinsosnakertrans Syamsul Arifin kemarin (5/2).

Pihaknya menerangkan, pagu  belum disampaikan dalam pertemuan tersebut. Untuk diketahui,jatah raskin selama 2016 mencapai 1.629.705 kilogram. Selama awal tahun ini, Bulog Sampang baru menyalurkan raskin untuk Kecamatan Sreseh. Untuk 13 kecamatan lainnya, belum ada yang menebus.(radar)