Jamaah Haji Diminta Periksa Kesehatan

KOTA – Jamaah haji asal Sampang telah tiba di rumahnya masing-masing dalam keadaan sehat. Kendati demikian, mereka tetap diimbau aktif mengecek kondisi kesehatan ke puskesmas setempat. Terlebih, yang keadaan fisiknya mengalami gangguan sejak  pulang dari Tanah Suci.

”Sebelum berangkat ke Makkah, kami bersosialisasi kepada seluruh  jamaah haji agar sepulang dari Makkah mengontrol kesehatannya kembali ke puskesmas terdekat,” ujar Kepala Dinkes Sampang Firman Pria Abadi kemarin (24/9). Mereka diminta memeriksa kesehatan  karena khawatir ada penyakit atau virus  yang dibawa dari Makkah.

Namun, Firman memastikan bahwa di Tanah Suci saat ini tidak ada penyakit yang perlu diwaspadai. Sebab, tidak ada laporan  terkait dengan hal tersebut. ”Penyakit yang ada di Arab Saudi takut  dibawa ke tanah air sehingga kami waspada. Tetapi, sampai saat ini, belum ada informasi apa pun dari Makkah tentang  penyakit yang endemis. Bagi yang mau periksa, diharap kartu kesehatannya dibawa,” ujarnya.

Pria kelahiran Kota Gerbang Salam  itu menjelaskan, dua minggu sesudah pulang dari Makkah, kondisi kesehatan mereka dalam pantauan dinkes. Khawatir membawa penyakit atau virus dari Makkah, Firman meminta jamaah  yang menderita penyakit segera periksa ke puskesmas.

”Yang masih perlu diantisipasi adalaah penyakit meningitis. Namun, sebelum berangkat, mereka divaksinasi,” tuturnya.  Firman mengklaim, kondisi kesehatan  jamaah hingga saat ini aman. Dia belum  menerima laporan dari puskesmas  yang terdeteksi penyakit. Dia berharap,  jamaah haji yang baru tiba di Sampang  tidak mengeluhkan apa pun. (radar)