Instruksikan Bentuk Panitia Lelang Jabatan

Bupati-Wabup Tampak Mulai Akur

KOTA – Desakan agar ada mutasi dan pengisian jabatan kosong direspons pemkab. Bupati Sampang KH A. Fannan Hasib menginstruksikan badan kepegawaian daerah (BKD) segera membentuk panitia khusus lelang jabatan.

Fannan menyatakan, pemkab akan segera melakukan pengisian jabatan kosong. Dia menegaskan, bulan ini panitia khusus akan dibentuk. ”Tim  khusus harus dibentuk dulu, baru bisa dilakukan lelang jabatan. Sudah ada aturannya,”  katanya, kemarin (12/4).

Tim tersebut nantinya akan nmelibatkan pihak akademisi dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Menurut Fannan, pihaknya akan melihat berapa anggaran yang dibutuhkan dalam pembentukan panitia  dan proses lelang jabatan.

Bupati menyampaikan, pengisian  jabatan kosong dan mutasi jabatan pasti dilakukan. Bahkan mutasi akan dilakukan dua kali. Terkait nama-nama pejabat yang sudah disetorkan badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (baperjakat), Fannan mengaku penyerahan berkas tersebut satu tahun lalu.

Kepala BKD Sampang Slamet Terbang membenarkan dalam waktu dekat akan ada pembentukan panitia lelang jabatan. Itu berdasarkan Permen PAN-RB  Nomor 13 Tahun 2014 tentang  Seleksi Pejabat Tinggi Pratama  yang memang harus dilakukan  lelang jabatan.

”Namun, sebelum pembentukan  panitia lelang jabatan, akan dilakukan mutasi dan pengisian  jabatan kosong untuk eselon III  dan IV,” jelasnya. Slamet menjelaskan, proses lelang jabatan dilakukan untuk pejabat eselon II. Dalam proses  seleksi nanti, pejabat eselon II akan mengikuti uji kompetensi.

Selanjutnya, dilakukan lelang terbuka. Di tempat terpisah, Ketua Komisi I DPRD Sampang Moh. Hodai terus mendesak agar pemkab segera memutasi dan mengisi jabatan kosong. Menurutnya, jabatan strategis tidak  boleh dibiarkan kosong dalam  waktu yang lama.

”Jabatan kosong di antaranya  camat Sokobanah, Camplong, Kedungdung, dan  kepala disperta yang masih dijabat Plt. Bahkan dua kursi staf ahli bupati juga kosong,” bebernya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • berita ini hari bupati sampang madura