Travel News:

Hari Ini MK Putuskan

Semua Pihak Optimistis Menang



—————————————

KOTA-Sesuai agenda sidang sebelumnya, hari ini (Selasa) Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan hasil sidang sengketa Pemilukada Sampang. Kemarin (14/1), MK meminta semua pihak menyerahkan kesimpulan. Selanjutnya, hakim akan memplenokan kesimpulan tersebut untuk dijadikan acuan putusan. Penyerahan kesimpulan terkait fakta, bukti-bukti dan saksi di lapangan oleh semua pihak sudah dilakukan kemarin.

Dalam pengajuan kesimpulan tersebut, KPU Sampang hanya diwakili oleh ketua KPU tanpa didampingi kuasa hukumnya. Ketua KPU Sampang Abu Ahmad Dhovier Shah melalui Divisi Hukum dan Umum Miftahur Rozaq mengatakan, pihaknya menyerahkan kesimpulan sesuai jawaban gugatan. Sebanyak 161 macam bukti yang diserahkan KPU, sudah ditetapkan oleh MK. Pembuktian tersebut, menurut Rozaq merupakan bukti valid yang akan dijadikan pertimbangan hakim. ”Prinsipnya, MK memberikan peluang untuk semua pihak agar menganalisis dan memberikan konklusi perjalanan sidang, dengan kesaksian dan bukti yang disesuaikan materi gugatan,” terang Rozaq.

Dijelaskn juga, sidang putusan tersebut akan dipimpin langsung oleh ketua MK, Mahfud MD. Sebelum diputuskan, 9 hakim akan melakukan pleno tertutup yang akan membahas kesimpulan dari pihak pemohon (Hejaz), termohon (KPU) dan terkait (Al Falah). ”Kita berdoa saja, semoga putusan MK menjadi yang terbaik untuk pelaksanaan Pemilukada Sampang. Apa pun putusannya, kami akan melakukan koordinasi dengan semua pihak, DPRD, desk pemilukada dan pihak lainnya. Kemungkinan putusan tersebut ada tiga, diterima atau ditolak dan atau ada putusan alternatif lain,” terang Rozaq kemarin. Terpisah, Tim Pemenangan Al Falah, Abdurrahman mengaku optimis bisa memenangkan sengketa pemilukada.

Dari kesimpulan pihak terkait (Al Falah) mengaku tidak melakukan pelanggaran seperti yang dilaporkan pemohon (Hejaz). Pihaknya akan memohon kepada MK untuk menolak gugatan  pihak pemohon.”Kami menyimpulkan, tidak ada pelanggaran cukup serius yang menyebabkan pelaksanaan pemilukada ulang. Sebab, laporan tersebut tidak berdampak pada hasil suara. Kami berharap MK tidak menerima gugatan pemohon. Karena tidak ditemukannya pelanggaran-pelangaran serius,” terang Abdurrahman kepada Jawa Pos Radar Madura. Pihaknya mengaku optimis tidak akan diulang. Bahkan, optimis bisa memenangkan sengketa tersebut di MK. Meski dihitung ulang di tingkat TPS, hal itu tidak bisa mengejar ketertinggalan dari 2.500 lebih suara.

Pada sidang putusan hari ini, pihak Al Falah akan dihadiri oleh pasangan calon, tim pemenangan, dan 12 kuasa hukumnya. Sedangkan pihak penggugat (Hejaz) melalui Sekretaris Tim Pemenangan Joni Purnomo juga mengaku optimis bisa memenangkan gugatannya. Namun, pihaknya tidak bisa membeberkan kesimpulan dari pihak Hejaz. Menurutnya, kesimpulan tersebut hanya untuk MK dan tidak bisa dibocorkan. ”Tunggu saja hasil putusan MK besok (hari ini, Red:),” tegasnya kemarin. Menurutnya, Hejaz akan menerima apa pun yang menjadi putusan MK.

Pihaknya juga berharap semua pihak bisa menerimanya. ”Kalau gugatan kami tidak diterima oleh MK, kami tetap legawa dan akan menghargai putusan tersebut. Begitu juga misalnya MK menerima gugatan kami, maka semua pihak kami harapkan juga bisa legawa,” pungkasnya. Sementara itu, calon bupatiHari Ini Nasib Mantan Bupati Ditentukan. Read more … » dari Hejaz, Hermanto Subaidi mengaku pasrah terhadap hasil putusan MK. ”Kami terserah MK, yang terbaik seperti apa. Kami berdoa saja kepada Allah. Kami yakin Tuhan akan memberikan yang terbaik,” pungkas Hermanto saat dihubungi Jawa Pos Radar Madura. (radar)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Submit Comment