Headline News:

Harga Turun, Toko Emas Diserbu

KOTA-Sejak dua pekan terakhir, harga emas turun drastis di Kota Sampang. Fenomena tersebut berbanding terbalik dengan harga sembako yang merangkak naik akibat kenaikan harga BBM. Turunnya harga emas ini diakui oleh Hanif Rizal, pengusaha emas batangan saat dikonfi rmasi Jawa Pos Radar Madura kemarin (26/6). Diungkapkan, sudah dua pekan terakhir harga emas turun drastis.


Tak ayal toko emas di Jalan Panglima Sudirman disesaki oleh pembeli. Data yang diperoleh Jawa Pos Radar Madura menyebutkan, emas 24 karat yang semula mencapai Rp 550 ribu kini turun menjadi Rp 420 ribu. Emas 23 karat yang semula Rp 515 ribu turun menjadi Rp 375 ribu, sedangkan emas 22 karat semula harganya Rp 490 ribu turun menjadi Rp 325 ribu.

Hanif yang juga membuka toko emas ini mengungkapkan, emas jadi (berupa cincin) yang biasa dijual di pasaran dibeli dengan cara dilebur agar menjadi emas batangan. Karena prosesnya lama dirinya mengaku mengalami kerugian. ”Ya bagi pedagang seperti saya ya rugi Mbak, karena saya kulakan barang kan saat mahal untuk dijual dan sisanya dijadikan emas batangan ternyata semakin hari harganya semakin turun jadi rugi deh,” jelasnya pada koran ini kemarin.

Sementara itu, warga yang memadati toko emas mayoritas mengaku datang untuk membeli, seperti yang disampaikan oleh Satimah, warga Omben. Diakui, saat dirinya mendengar harga emas turun. Dirinya langsung berangkat menuju toko emas. Baginya fenomena ini jarang ditemukan. ”Jarang-jarang emas turun, biasanya naik terus,” kata Satimah.

Kepala Disperindagtam Sampang melalui Kepala Seksi (Kasi) Perdagangan, Busar, mengaku masih belum tahu pasti apa penyebab harga emas turun. Diakui, dalam beberapa minggu terakhir emas mengalami penurunan harga. Menurutnya harga emas biasanya dipengaruhi harga dolar yang sifatnya internasional. ”Ya mungkin dolar lagi turun,” katanya. (radar)

Komentar Anda

komentar

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com