Harapan K-2 Terbuka hingga 2019

Angin Segar dari KemenPAN-RB

KOTA – Upaya Komisi I DPRD Sampang  mendatangi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) membawa angin segar. Komisi I akan memperjuangkan tenaga honorer kategori 2 (K-2) agar diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Sejumlah-anggota-Komisi-I-DPRD-Sampang-melakukan-pertemuan-dengan-pihak-KemenPANRB-di-Jakarta-Pusat-kemarin.

Sebab, rencananya, pengangkatan K-2 akan dilakukan 2019. Sayangnya, hingga kemarin, belum ada kepastian tahun ini ada pengangkatan atau tidak. Sebab, dari hasil pertemuan komisi I dengan pihak KemenPAN-RB, belum ada keputusan.

KemenPAN-RB beralasan menunggu rencana peraturan pemerintah (RPP) baru tentang manajemen aparatur sipil negara (ASN) dan pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Dia menerangkan,  RPP tersebut merupakan turunan dari  Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Undang-Undang ASN.

Ketua Komisi I DPRD Sampang Moh.  Hodai mengungkapkan, KemenPAN-RB  meminta tenaga honorer K-2 bersabar. Sebab, pengangkatan masih dilakukan hingga dua tahun mendatang. Pengangkatan disesuaikan dengan kemampuan  daerah setempat.

”Tahun ini belum ada keputusan apakah ada pengangkatan. Tapi, yang jelas, pengangkatan akan berlangsung hingga 2019 nanti,” ungkapnya melalui saluran telepon kemarin. Pihaknya sudah menyampaikan aspirasi K-2 Sampang. Khususnya,  keresahan tenaga K-2 soal pengangkatan.

Namun, pihak pemerintah berjanji akan berupaya melakukan pengangkatan. Meski direncanakan, pemerintah pusat lebih berfokus pada pembangunan infrastruktur daripada rekrutmen PNS. Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Madura, pertemuan komisi I  dengan pihak KemenPAN-RB tertunda dua jam.

Pertemuan yang dijadwalkan sekitar pukul 10.00 itu  molor hingga pukul 12.00. Lima anggota Komisi I DPRD Sampang, termasuk Ketua Komisi Moh. Hodai ditemui Wasito sebagai Kasub Pelayanan Informasi KemenPAN-RB di Jakarta Pusat.

Mereka melakukan pertemuan sekitar dua jam dengan pembahasan yang sudah diagendakan. Selain masalah K-2, komisi I mempertanyakan rencana KemenPAN-RB soal pemangkasan satu juta PNS. Hasilnya,  hingga kemarin, pemangkasan   itu sekadar rencana.

Diprediksi, tidak akan dilakukan tahun ini. Dengan demikian, hasil pertemuan itu bisa menjawab keresahan PNS di Sampang. ”Setelah kami tanyakan, tidak ada pemangkasan. Itu masih sebatas rencana,” ucapnya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • Pelantikan lurah pangpajung