Eselon III Bakal Kehilangan Kursi

Imbas Rencana Penggabungan SKPD

KOTA – Sejumlah pejabat eselon III harus bersiap-siap  kehilangan kursi jabatan. Para pemilik jabatan kepala bidang  (Kabid) itu terancam nonjob jika  penggabungan dan pembagian  kantor dinas serta badan di tingkat kabupaten terealisasi.

Berdasar aturan yang tengah dibahas di DPR RI, sejumlahkantor di Sampang bakal digabung. Antara lain, bakesbangpol, disbudparpora, BKP4, dinas kehutanan dan perkebunan (dishutbun).  Selain itu, dinas pertanian (disperta),  dinas PU bina marga, dinas PU pengairan, dan dinas cikatarung.

Akibatnya, para Kabid di instansi tersebut akan kehilangan jabatan. Ketua Komisi I DPRD Sampang  Moh. Hodai mengatakan, jika aturan tersebut diberlakukan, bakal banyak eselon III nonjob. Terutama, para Kabid yang bukan pejabat  fungsional.

Berdasar aturan yang dibahas legislatif Senayan, jelas dia, diprediksi, ada pemangkasan  SKPD di Kota Bahari. Dari 35 SKPD dan badan akan dipangkas menjadi 20  instansi. ”Otomatis, banyak  eselon III yang akan kehilangan kursi,” katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sampang Slamet Terbang belum berhasil dikonfirmasi. Berupaya dikonfirmasi melalui nomor ponselnya tidak tersambung. Bahkan, dihubungi  melalui pesan singkat, tidak ada jawaban.

Sementara itu, Kabid Pertambangan Disperindagtam Suaidi membenarkan adanya kabar penggabungan kantor. Hanya, pihaknya belum  memastikan.”Saya mendengar adanya rencana itu. Tapi bukan sekarang. Selanjutnya, saya tidak   tahu kebenaran informasi itu,” katanya singkat.

Dinas dan badan rencananya diklasifikasikan sesuai ketentuan. Misalnya, dinas tipe A, tipe B, dan tipe C. Pembagian akan ditentukan berdasar variabel faktor umum dan variabel faktor teknis. Jika skor variabel lebih dari  800, bisa dibentuk dinas atau  badan tipe A.  Bila skor variabel 601–800, dapat dibentuk dinas atau badan tipe B.

Terakhir, dinas atau badan bisa dibentuk  tipe C jika total skor 400–600.  Namun, apabila total skor di bawah 400, tidak bisa dibentuk  dinas atau badan. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • dinas hutbun merger
  • eselon karena dinas tipe b
  • kantor yang di merger kab bangkalan
  • lelang jabatan pemkab bangkalan
  • nama2 skpd yg akan digabung di kabupaten bangkalan
  • Pns Dinas-dinas skpd merger dinas lain
  • rencana penggabungan dinas kabupaten bangkalan