Headline News:

DPT Pilgub Jatim Bertambah Drastis

Tambahan hingga 35.114 dari Pilkada


KOTA-Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Jawa Timur oleh KPU Sampang, mendapat tangggapan dari beberapa pihak. Bertambahnya 35.114 DPT dari data DPT pemilihan bupati (pilbup) dinilai terlalu melonjak drastis. Sehingga, diduga kuat ada mark up data. Seperti diberitakan sebelumnya, DPT pilgub di Sampang sebanyak 711.260. Sedangkan DPT pilbup Desember lalu, hanya 676.146 pemilih.

Sekitar enam bulan selang dari pilbup terdapat perubahan drastis yang menurut perhitungan beberapa pengamat sangatlah mustahil hingga mencapai 35 ribu lebih. Perubahan DPT yang sangat mencolok terjadi di Kecamatan Omben. Pada saat pilbup hanya 59.459 pemilih, namun DPT pilgub kali ini menjadi 68.290 pemilih.

Selanjutnya, di Kecamatan Kedungdung, pada pilbup sebanyak 65.974 pemilih, namun kali ini berubah menjadi 72.214 pemilih. Sementara ketiga, paling mencolok di Kecamatan Tambelangan, dari 39.489 pemilih, berubah menjadi 45.397 pemilih pada Pilgub Jatim mendatang. Sedangkan di kecamatan lainnya hanya mengalami kenaikan rata-rata 2.000 hak pilih. ”Sangat tidak mungkin dalam waktu setengah tahun melonjak drastis seperti itu,” terang Moh. Jakfar, Ketua LSM Fajar Nusantara.

Pihaknya mengatakan, panwaskab harus jeli melihat DPT tersebut. Sebab banyak kemungkinan ada yang bermain dibalik penggelembungan data tersebut. Hal itu akan mencederai demokrasi untuk kemajuan Jatim. ”Kami khawatir akan sama dengan pilgub sebelumnya. Sebab di kecamatan itulah yang diprediksi banyak kecurangan.” Aku Jakfar. Seperti diberitakan sebelumnya, Abu Ahmad Dhovier Shah selaku Ketua KPU Sampang membantah jika dianggap terdapat penggelembungan data pemilih.

Menurutnya, perubahan tambahan DPT itu dipengaruhi banyaknya warga yang sudah mencapai umur untuk mencoblos. Sementara itu, Ketua Panwaskab Sampang, Ach Ripto mengaku DPT yang baru ditetapkan untuk pilgub sudah sesuai data panwas. Menurutnya, data tersebut sudah sesuai hasil pencacahan di lapangan. ”Tidak ada penggelembungan data. Kami sudah cek ke bawah. Tambahan ini banyak dari usia yang sudah masuk kategori pemilih,” terang Ripto. (radar)

Baca Juga :

  • SAMPANG-KPU Sampang menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur sebanyak 711.260 orang. Angka ters …

  • KOTA-Untuk mengetahui jumlah pasti pemilih pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur Agustus mendatang, masyarakat harus menunggu hingga ta …

  • KPU Memastikan Sudah Bekerja Tepat
    KOTA-Jumlah pemilih di Kota Salak ternyata menurun drastis. Padahal tak berselang setahun, terjadi dua ka …

  • KOTA-Pesta demokrasi lima tahunan berupa Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Jawa Timur (Jatim) tinggal menghitung waktu, sebab pada 29 Agustus 20 …

Komentar Anda

komentar