Headline News:

Disdik Salurkan Rp 11 Miliar BSM 2013

KOTA-Tahun ini penerima bantuan siswa miskin (BSM) di lingkungan SDN dan SMP di Sampang bakal tersenyum lebar. Pasalnya, sejak kemarin (30/4) dinas pendidikan (disdik) secara resmi menyalurkan BSM alokasi tahun 2013. Penyaluran itu secara simbolis diberikan langsung oleh Wakil Bupati Sampang Fadhilah Budiono dalam sosialisasi program bantuan siswa miskin jenjang SMP kelas VII tahun pelajaran 2013/2014 di Aula SMPN 1 Sampang, kemarin.


Catatan Disdik Sampang, tahun ini dana yang digelontorkan untuk BSM sebesar Rp 11,7 miliar. Dana itu dibagi antara SDN dan SMP. Rinciannya, untuk SDN sebesar Rp 7.765.740.000 dengan jumlah penerima sebanyak 24.350 siswa. Sementara untuk SMP sebesar Rp 3.969.350.000 dengan jumlah penerima 7.543 siswa. ”Untuk masing-masing siswa setiap tahun menerima BSM sebesar Rp 360 ribu dan siswa SMP masing-masing menerima Rp 275 ribu per semester,” terang Kabid Kebijakan dan Pembiayaan Disdik Sampang Jupri Riyadi dalam laporannya kemarin.

Menurutnya, sistem penyaluran tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaannya, jika tahun lalu tanpa rekening, namun saat ini masingmasing siswa dibuatkan rekening. ”Jadi siswa bisa kapan saja mengambil uang itu,” pungkasnya di hadapan puluhan kepala sekolah dan kepala UPTD. Plt Kepala Disdik Sampang Sumadi dalam sambutannya berharap penyaluran BSM kepada penerima tidak menimbulkan masalah. Hal itu bisa dilakukan jika pelaksanaannya sesuai prosedur.

”Saya minta harus lancar, dan saya tekankan tidak ada konsep pendidikan memotong apa pun, guru sudah sejahtera,” ucapnya. Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Sampang Fadhilah Budiono. Dia mengingatkan, dana BSM yang dikucurkan pemerintah itu merupakan hak orang miskin. Jadi sudah seharusnya disampaikan secara amanah. ”Saya titipkan, ini amanat dan hak orang miskin, sampaikan sesuai dengan haknya,” harapnya. (radar)

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Submit Comment

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com