Bantuan Sapi Dihentikan

KOTA – Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Sampang akan menghentikan bantuan sapi untuk warga. Penyetopan  bantuan sapi selama dua  tahun ke depan ini untuk pembenahan dan penataan kelompok penerima.

Pedagang-dan-pembeli-bertransaksi-di-Pasar-Margalela-Sampang-beberapa-waktu-lalu.

”Selama 2016-2017 bantuan sapi dihentikan dulu,” ujar Kabid Peternakan DKPP Sampang Zaenal Muttaqien kemarin (28/12). Zaenal menjelaskan, selama dua tahun ke depan pihaknya akan mengevaluasi dan memverifikasi ulang administrasi kelompok ternak.

Hal itu dilakukan sesuai anjuran dari Kementerian  Pertanian. Yaitu, kelompok  ternak penerima bantuan pemerintah harus berbadan   hukum dan memiliki SK dari  Kementerian Hukum dan  Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM).

Karena itu, maksud dan tujuan dari pemerintah tidak  mengalokasikan bantuan untuk  menata ulang kelompok ternak. ”Jadi selama dua tahun  kami fokus melengkapi administrasi,” tandasnya. Ditanya realisasi bantuan  2015, Zaenal saat ditemui di  ruang kerjanya menuturkan,   telah tersalurkan bagi tiga kelompok.

Yakni, Kelompok Mashur Jaya Kecamatan Torjun,  Kelompok Gemaripah Baru Kecamatan Sampang,  dan Kelompok Rukun Sejahtera  Kecamatan Torjun.  ”Masing-masing kelompok  menerima 9 sapi ternak. Diantaranya, lima  ekor sapi betina dan empat  ekor sapi jantan. Bantuan itu dari APBD 2015,” pungkasnya. (radar)