Alsintan Aspirasi DPR RI Ngendap di Disperta Sampang

KOTA – Puluhan mesin pompa untuk irigasi dan hand tractor dari pemerintah pusat ngendap di kantor Dinas Pertanian (Disperta) Sampang. Hingga kemarin (16/9), bantuan hasil aspirasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI itu belum disalurkan.

Padahal, barang tersebut tiba sebulan lalu. Kabid Teknik dan Sarana Prasarana Disperta Sampang Suyono tidak menampik bahwa bantuan itu belum direalisasikan. Dia berjanji dalam waktu dekat bantuan tersebut terealisasi secara keseluruhan.

”Kami belum mendapatkan laporan verifkasinya dari petugas. Yang pasti, segera kami distribusikan,” katanya. Suyono juga tidak bisa memberi tahu jumlah kelompok tani (poktan) yang akan menerima bantuan tersebut. Menurut dia, petugas verifkasi sangat hati-hati menentukan poktan penerima.

Mengingat, sebelumnya bantuan hand tractor di lingkungan Pemkab Sampang tumpang tindih antara dishutbun dengan disperta. Anggota Komisi VI DPR RI asal Sampang H Slamet Junaidi tidak  mengetahui banyak tentang bantuan itu. Bantuan tersebut ,kata dia, hasil aspirasi dari Komisi IV DPR RI yang berkaitan  dengan bidang pertanian.

Pihaknya hanya menyampaikan hasil reses di Madura kepada Komisi IV DPR. Di Madura, khususnya Sampang, memang membutuhkan alat-alat pertanian modern untuk produktivitas pertanian. ”Kalau ditanya berapa jumlahnya dan menghabiskan anggaran berapa, saya tidak tahu.  Sebab, saya bukan komisi yang  membidangi,” katanya.

Ketua Komisi II DPRD Sampang Moh. Nasir hanya berharap, bantuan itu segera direalisasikan kepada petani yang membutuhkan. ”Jangan sampai pendistribusiannya kepada  poktan tumpang tindih,” singkatnya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • moh nasir dprd sampang