Air Kali Kemuning Aman

KOTA – Sewaktu-waktu air Kali Kemuning terlihat keruh. Namun, air di sungai terbesar di Kota Bahari itu diklaim masih sesuai dengan baku mutu air bersih dan baku mutu lingkungan. Sebab, air tersebut tidak menimbulkan gangguan terhadap makhluk hidup,  tumbuhan, dan benda lain.

Kabid Pengendalian Dampak Lingkungan BLH Sampang Zaiful Muqoddas mengungkapkan, ada titik lokasi pengawasan air sungai di daerahnya. Yakni, dimulai dari hulu di Sungai Kecamatan Robatal, tengah di Kedungdung, dan hilir di Kali Kemuning.

Pengawasan dilakukan tiga bulan sekali. Hasilnya, Kali Kemuning dari hulu hingga hilir itu memenuhi baku mutu air bersih dan tidak membahayakan. Pengawasan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 416/MENKES/PER/IX/1990.

Parameternya meliputi uji isika, kimia,  kimia organik, dan anorganik.  Uji isika terdiri atas bau, rasa, suhu,  warna, kekeruhan, dan jumlah zat  yang terlarut di dalamnya. ”Tidak  berbau, tidak berubah rasa, dan  jumlah partikel tidak melebihi batas   maksimal 1.000 miligram. Kami nilai aman,” jelasnya kemarin (18/9).

Uji kimia, yakni organik seperti natrium, besi lorida, dan nitrat tembaga tidak melebihi batas. Misalnya, kandungan deterjen, chloroform, benzena, dan tembaga.

”Kesimpulan triwulan Juni, air Kali kemuning hulu hingga hilir aman,” tegasnya. Namun, air  sungai itu tidak layak diminum, apalagi saat musim kemarau. (radar)