Warga Keluhkan Tarif TV Kabel

KOTA – Jasa layanan televisi (TV) kabel di Pamekasan mengalami kenaikan tarif. Meski hanya naik Rp 5.000, hal itu dikeluhkan pelanggan. Sementara sumbangan terhadap pendapatan asli daerah (PAD) tidak jelas. Mohammad, 32, warga Kelurahan Kangenan, Kecamatan Kota, mengeluhkan kenaikan tarif pelayanan penyambungan saluran TV kabel.

Kenaikan tarif tersebut dilakukan PT Hikmah Multivision sejak September 2016. Sebelumnya, hanya Rp  20 ribu per bulan. Kini menjadi Rp 25 ribu. ”Kenaikan layanan ini lebih mahal dari tarif  listrik. Meski kenaikan tidak besar, kami dirugikan. Sebab, pelayanannya pun tidak maksimal,”  katanya kemarin (26/9).

Dia mengungkapkan, beberapa tayangan terkadang tidak bisa disiarkan dalam pelayanan TV kabel PT Hikmah Multivision. Dari pihak perusahaan tidak ada perbaikan saluran televisi. Tiba-tiba tarif  dinaikkan. Hal itu dinilai merugikan pelanggan. Apalagi, kata dia, kenaikan tidak disosialisasikan.

Menurutnya, PT Hikmah Multivision seharusnya melakukan sosialisasi terlebih dahulu atau memperbaiki pelayanan siaran. ”Piala Euro 2016 saja kami tidak bisa menikmati. Termasuk Piala Copa Amerika, kami juga tidak bisa menonton sempurna. Malah bulan ini tarifnya dinaikkan,” katanya.

Pelanggan PT Hikmah Multivision di Pamekasan tidak sedikit. Di beberapa kelurahan nyaris menggunakan sambungan layanan siaran TV kabel.  Diharapkan ada keseimbangan kenaikan  tarif  dengan pelayanan.  Junaidi, 33, warga Jalan Gatot Koco, mengatakan, kenaikan tarif tersebut menguji kepekaan  pemerintah.

Salah satunya berapa sumbangan saluran TV kabel terhadap PAD. Perlu kejelasan pemasukan terhadap pemerintah. ”Pemerintah harus tegas dalam bidang ini,” ucapnya. Kepala Dinas Pendapatan (Dispenda) Pamekasan Agus Mulyadi mengaku memantau kenaikan  tarif PT Hikmah Multivision. Hingga saat ini tidak ada sumbangan PAD dari sektor itu. Sebab, pihaknya masih mempelajari payung hukum.

”Regulasinya masih dibicarakan oleh anggota DPRD,” ucapnya.   Pihak PT Hikmah Multivision belum bisa dim- intai keterangan. Salah satu petugas berusaha dikonfirmasi melalui nomor ponselnya, tapi tidak tersambung. Berusaha dimintai keterangan melalui nomor kontak resmi PT Hikmah Multivision 0324331780, juga tidak tersambung. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • hikamh tv kabel
  • hikmah multivision
  • hikmah tv kabel
  • tv kabel hikmah
  • tv kabel pamekasan