Tergenang Banjir, Layanan Pemkab Tak Maksimal

Dinas PU Pengairan Akui Sulit Mengatasi

KOTA – Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Gerbang Salam sekitar pukul 11.00–14.00 kemarin (20/1). Akibatnya, beberapa wilayah perkotaan tergenang banjir setinggi lutut orang dewasa. Termasuk, halaman  kantor pemkab di Jalan Jokotole  juga tergenang banjir sehingga proses pelayanan di 10 SKPD lumpuh.

Kantor-Pemkab-di-Jalan-Jokotole-tergenang-banjir-setinggi-lutut-orang-dewasa-kemarin.

Sebagian kendaraan yang diparkir di  halaman kantor pemkab jatuh. Bahkan, banyak pula yang mesinnya mati  dan terpaksa didorong untuk dibawa ke  bengkel. Para pegawai pemkab sibuk mengamankan dokumen-dokumen  penting agar tidak terkena banjir.

Salah seorang pegawai di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Urip Budihartono menjelaskan, hampir setiap tahun kantor tersebut tergenang air. Sebab, lokasinya berada di dataran rendah. Air dari ruas jalan  umum masuk ke halaman pemkab.

Di  samping itu, saluran pembuangan di wilayah kantor pemkab juga tidak berfungsi maksimal. Samsul Arifin, warga Kecamatan Pademawu, yang terjebak banjir di kantor pemkab, mengeluh. Sebab, banjir menjadi problem tahunan yang  tak kunjung dicarikan solusi.

”Kami dirugikan. Kami yang ingin mengurus  KTP di dispendukcapil akhirnya terkendala,” tuturnya. Sementara itu, Kepala Dinas PU pengairan Achmad Sjafiuddin mengatakan,  pihaknya sudah melakukan antisipasi manakala terjadi hujan.

Mungkin beberapa saluran pembuangan tersumbat sehingga mengakibatkan banjir. Ditambah dengan banyaknya air masuk dari ruas jalan umum.  ”Memang, bicara kondisi alam tidak bisa dibendung. Apalagi, lokasi pemkab berada di daratan cekungan. Sehingga, tergenanglah,” paparnya.

”Intinya, kami sudah berupaya semaksimal mungkin,” tambahnya. Saat air mulai memasuki pelataran kantor SKPD, jelas dia, pihaknya memanggil  mobil pompa penyedot air.  ”Sedikitnya, itu bisa mengurangi air yang mulai merengsek masuk. Hanya  itu jalan satu-satunya. Sebab, tidak  mungkin kantor pemkab datarannya ditinggikan,” tandasnya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • berita banjir di jalan jokotolw