Temukan Puluhan PNS Keluyuran

Pemkab Tidak Tegas

KOTA – Penerapan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Kedisiplinan Pegawai belum maksimal. Buktinya, masih banyak pegawai negeri sipil (PNS) sering  kelayapan ke tempat belanja  pada saat jam kerja.

Temukan-Puluhan-PNS-Keluyuran

Banyaknya abdi negara yang sering meninggalkan tugasnya demi keluyuran diakui oleh wakil rakyat. Bahkan, hampir setiap hari ada saja PNS keluyuran pada jam kerja. ”Tadi saya melihat puluhan PNS belanja di pasar. Padahal, itu bukan jam istirahat,” ungkap  Ketua Komisi IV DPRD Apik Pamekasan kemarin (4/1).

Keberanian PNS untuk keluyuran itu akibat ketidaktegasan pemerintah. Mereka yang sering melanggar kedisiplinan jarang diberi sanksi tegas. Untuk itu, kata dia, pemkab harus mengevaluasi  kinerja perangkatnya. Sebab, pada 2016 harus menjadi  momentum kebangkitan dan motivasi kerja.

”Harus ada tindakan tegas terhadap PNS yang meninggalkan tugasnya tanpa alasan jelas,” katanya. Dikatakan, berkaitan dengan PNS keluyuran pada  jam kerja, memang menjadi  wewenang satpol PP  untuk menindak. Tetapi,   dia berharap, razia yang  dilakukan satpol PP tidak  sebatas formalitas.

Kasi Penyidikan dan Penyelidikan Satpol PP Yusuf  Wibiseno berjanji akan tancap gas untuk menertibkan PNS yang keluyuran pada jam efektif. Selama ini, dia memang sering kali menemukan PNS yang meninggalkan tugasnya. Pihaknya mengaku telah memberikan pembinaan.

”Kami akan lakukan penertiban sesuai dengan jadwal. Jika ada masyarakat yang mengetahui ada PNS keluyuran, silakan laporkan  kepada kami,” pintanya. Bupati Pamekasan Achmad Syafii juga meminta agar para PNS maksimal dalam  menjalankan tugasnya.

Kepada pimpinan SKPD, dia  pun mengimbau agar dapat menjalankan programnya sesuai  dengan target yang telah ditentukan. Semua itu  akan bisa dicapai dengan  kerja dan kedisiplinan yang maksimal. ”Tahun baru ini harus menjadisemangat baru, bukan sebaliknya. Karena itu, harus  ada motivasi bagi kita untuk meningkatkan pengabdian terhadap negara,” pesannya  saat upacara pagi kemarin.  (radar)