Ribuan Kendaraan Bertambah Tiap Bulan di Pamekasan

Penyediaan Lahan Parkir Minim

KOTA – Jumlah kendaraan bermotor di Kota Gerbang Salam terus meningkat. Hal itu bisa dilihat dari data pendaftaran kendaraan baru di kantor Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) Pamekasan. Ribuan kendaraan didaftarkan di kantor yang berlokasi di Jalan Wahid  Hasyim tersebut setiap bulan.

Kanit Regident Polres Pamekasan Ipda Khairul Alam mengungkapkan, selama semester pertama ada penambahan 6.652 kendaraan baru roda dua. Sementara kendaraan baru roda empat 422 unit terhitung Januari–Juni 2016. ”Kalau dihitung, rata-rata setiap   bulan sekitar seribu kendaraan baru di Pamekasan,” ujar Khairul Alam kemarin (14/9).

Tingginya jumlah kendaraan baru ini tidak berbanding lurus dengan pembangunan lahan parkir. Pada 2016, dishubkominfo belum membangun lahan parkir baru. Tahun lalu, instansi tersebut mengalokasikan anggaran Rp 315 juta untuk pembangunan parkir di Pasar 17 Agustus.

Kepala Dishubkominfo Pamekasan Moh. Zakir mengatakan, pembangunan lahan parkir sesuai dengan anggaran. Pihaknya akan terus berupaya menambah titik tempat parkir baik di perkotaan maupun di kecamatan.

”Tahun depan rencananya kami akan membangun tempat parkir di Kecamatan Pakong dan Larangan. Anggarannya masing-masing titik sekitar Rp 200  juta. Itu sudah diajukan dalam APBD 2017,” tukasnya. (radar)