Headline News:

Revisi Perda Tembakau Lamban

Terancam Tak Tuntas Tahun Ini
KOTA- Revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6/2008 tentang tata niaga tembakau terancam tidak tuntas tahun ini. Penyebabnya, draf rancangan peraturan daerah (raperda) belum selesai. Terakhir panitia khusus (pansus) baru merampungkan pembahasan praraperda. Ketua Komisi B DPRD Pamekasan Hasnan Achmadi mengatakan, revisi perda tata niaga tembakau sejak awal sudah masuk pada program legislasi daerah (Prolegda) 2013. Sejak April lalu, pansus bekerja ekstra melakukan pembahasan praraperda.


Berikutnya, lanjut Hosnan hasil pembahasan praraperda masih dimasukkan ke badan legislasi (baleg) untuk dikoreksi. Jika baleg menilai layak, otomatis dimintakan persetujuan ke masing-masing fraksi. “Jika fraksi oke semua otomatis menjadi usulan atau inisiatif DPRD.” jelasnya. Setelah menjadi usulan dewan perwakialn rakyat daerah (DPRD) hasil pembahasan praraperda itu disampaikan ke eksekutif sebagai nota penjelasan. Atas nota penjelasan itu, eksekutif memberikan respons.

Menurutnya, jika nota penjelasan itu diterima draf tersebut menjadi raperda yang masih akan dibahas lagi antara eksekutif dan legislatif (DPRD. Red). “Raperda diberikan ke eksekutif untuk dibahas diinternal. Selanjutnya, dikembalikan ke legislatif untuk dibahas bersama,” jelasnya. Setelah raperda selesai di bahas bersama masih akan dilakukan rapat dengan umum, pendapat bersama stake holder terkait. Jika sudah selesai, raperda kita ajukan ke gubernur untuk di evaluasi. Prosesnya masih sangat panjang” ucapnya.

Dalam revisi itu, ada dua kemungkinan, yaitu hanya merevisi Perda Nomor 6/2008 atau menggabungkan dengan substansi perda tata niaga tem- bakau yang lain. Sebab, selain perda, di Pamekasan masih ada dua perda yang mengatur tentang persoalan tembakau. ‘Yaitu, Perda Nomor 2 Tahun 2002 tentang pengelolaan tembakau Madura dan Perda Nomor 6 Tahun 2002 tentang izin pembelian tembakau dan izin pengusahaan gudang tembakau,” imbuhnya. (radar)

Komentar Anda

komentar

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com