Pemkab Raih Penghargaan MKBH Kemenkes

KOTA – Kekompakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan dalam meningkatkan program Kesehatan berbuah manis. Berkat  sinergi  program antar satuan  kerja perangkat daerah (SKPD), Pemkab Pamekasan meraih penghargaan Manggala  Karya Bakti Husada (MKBH) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Wakil-Bupati-Pamekasan-Khalil-Asyari---menunjukkan--piagam--penghargaan---MKBH--Kemenkes.

Penghargaan itu diserahkan di Jakarta pada  Jumat malam (27/11).  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan Ismail  Bey mengungkapkan, penghargaan itu diraih karena Pemkab Pamekasan dinilai berhasil membangun sinergi dalam bidang  kesehatan.

”Maksudnya pemkab berhasil mensinergikan beberapa SKPD yang mendukung dalam percepatan pembangunan bidang kesehatan,” ungkap Ismail Bey.  Ismail mencontohkan, salah satu sinergi yang terbangun antara SKPD adalah program Dinas PU Pengairan yang dikemas  dengan Program Kali Bersih (Perkasi).

Program ini, lanjut dia, sangat mendukung terciptanya lingkungan bersih dan  sehat. Dengan demikian, ketika  lingkungan bersih, masyarakat  juga akan ikut sehat.  Dijelaskan, terdapat 14 instansi  pemerintah yang mendukung program percepatan pembangunan kesehatan di  Pamekasan.

Yakni Bappeda, Disdik, Disperindag, BLH, Bapemas-Pemdes, PU Pengairan,  PU Cikatarung, Bagian  Kesra dan Bagian Administrasi Perekonomian Pemkab Pamekasan. Selain itu KKP,  Kodim 0826, BPPKB, RSUD, dan dinas perikanan.

Sementara itu, Wakil Bupati Pamekasan Khalil Asyari berharap penghargaan yang  baru pertama kali diraih oleh pemkab ini dapat dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya.  Dia juga meminta  SKPD semakin kompak dalam mendukung percepatan pembangunan kesehatan.

”Tentu  penghargaan ini harus kita  pertahankan dan capaian pembangunan  kesehatan terus ditingkatkan,” tukasnya. (radar)