Pejabat Eselon II Pemkab Pamekasan Siap-Siap Kehilangan Jabatan

Beberapa SKPD Pasti Dirampingkan

KOTA – Komposisi satuan kerja perangkat daerah (SKPD)  di lingkungan Pemkab Pamekasan dipastikan mengalami perampingan. Hal itu  setidaknya bisa dilihat dari  draf yang diusulkan eksekutif  kepada legislatif. Draf raperda tentang Organisasi Perangkat   Daerah (OPD) diterima legis­latif kemarin (1/9).

Ketua Komisi I DPRD Pa­mekasan Ismail mengungkapkan, saat ini draf raperda tersebut masih berada di pimpinan. Namun dia memastikan ada beberapa dinas yang akan dirampingkan  atau di­regrouping dengan   SKPD lainnya, dan ada pula  SKPD yang dimekarkan.

”Seperti dinas kehutanan dan perkebunan nanti digabung dengan dinas pertanian. Tapi itu baru usulan dari eksekutif. Nanti masih bergantung hasil pemba­hasan di DPRD,” katanya. SKPD lain yang diusulkan digabung yakni dinas PU bina  marga serta dinas PU cipta karya dan tata ruang (cika­  tarung). Dua dinas itu akan menjadi PU bina marga dan  tata ruang.

”Yang lainnya saya tidak hafal. Drafnya masih ada di pimpinan,” tambah Ismail. Untuk dinas perhubungan komunikasi dan informatika (dishubkominfo), wacananya akan dimekarkan menjadi dua SKPD. Yakni, menjadi dishub  dan diskominfo.

Sementara ba­dan pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa (bapemaspemdes) akan naik status dari badan menjadi dinas. ”Tentu konsekuensinya akan ada beberapa pejabat eselon  II yang kehilangan jabatan. Terkait hal ini, bukan ranah­nya kami untuk menjawab, melainkan wewenang bu­pati atau badan kepegawaian   daerah,” tukas dia.

Kabag Organisasi Setkab Pamekasan Hairul Hidayat mengaku belum bisa membeberkan secara detail SKPD apa saja yang akan dirampingkan. Sebab perampingan atau peng­gabungan dinas akan dibahas oleh pansus DPRD.  Setelah draf raperda tentang OPD diparipurnakan, dia mau memaparkannya ke publik.

”Nanti kalau sudah, pasti kami sampaikan. Sekarang masih baru rancangan. Tergantung  pada pembahasan di legislatif,” tegasnya. (radar)