Pademawu Darurat DBD

Tersebar di 10 Desa dan 2 Kelurahan

KOTA – Dinas kesehatan (dinkes) harus kerja ekstra  untuk mencegah mewabahnya penyakit demam berdarah  dengue (DBD). Pasalnya, penyakit  mematikan tersebut sudah menyasar ke berbagai wilayah. Di Kecamatan Pademawu  misalnya, saat ini warga  di 10 desa dan 2 kelurahan  terserang DBD dari total 22 desa/kelurahan yang ada.

Pademawu-Darurat-DBD

Kenyataan tersebut diungkapkan oleh wakil rakyat asal Pademawu, Iskandar kemarin (3/3).  Dijelaskan, 10 desa tersebut   yakni, Pademawu Timur, Pademawu Barat, Dasok, Murtajih, Budagan, Padelegan, Bunder, Durbuk, Pagagan, dan Tanjung. Sedangkan dua kelurahan dimaksud yaitu Barurambat  Timur dan Lawangan Daya.

”Saya mengetahui data itu berdasarkan informasi dari masyarakat dan Puskesmas Pademawu,” ujar Iskandar.  Politikus PPP itu mengklaim, penyakit DBD di Pademawu  sudah masuk kategori darurat.  Sebab selama ini sudah banyak penderita yang dilarikan ke  puskesmas, klinik, maupun  RSUD Dr H Slamet Martodirdjo.

”Di Puskesmas Pademawu saja sudah ada sembilan penderita  yang dirawat,” ujarnya.  Atas dasar itulah dia mendesak  agar bupati melalui dinkes mengeluarkan instruksi ke semua camat, kepala desa/kelurahan untuk mewaspadai penyakit DBD.

Hal itu penting dikeluarkan untuk memberikan  pemahaman agar masyarakat mencegah dengan memperhatikan kebersihan lingkungan. ”Misalkan, memberikan instruksi bersih-bersih kepada masyarakat di kelurahan maupun  di perdesaan,” jelasnya.

”Instruksi harus dikeluarkan  agar penderita DBD tidak bertambah.  Ini juga sebagai bagian  upaya dari keseriusan pemerintah untuk mencegah DBD agar masyarakat tidak menjadi korban,” tambahnya. Menanggapi hal itu, Kepala Dinkes Ismail Bey mengklaim Pamekasan belum masuk  darurat DBD.

Untuk menentukanitu, pihaknya harusmelakukan penghitungan perbandingan  kasus DBD dengan  tahun sebelumnya. ”Harus ada data perbandingan dengan bulan dan kurun waktu yang sama. Namun, saya kira di sini (Pamekasan, Red) belum   masuk kategori darurat atau KLB,” ungkapnya. (radar)